Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Pengajar Terhadap kualitas pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Maarif NU Rejang Lebong

Fajariah, Fajariah and Mustar, Saidil and Sumarto, Sumarto (2025) Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Pengajar Terhadap kualitas pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Maarif NU Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
REVISI SEMHAS FAJARIAH(2).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong merupakan lembaga pendidikan terpadu yang menggabungkan pendidikan formal (SMP dan SMK) serta diniyah, dengan tujuan mencetak generasi santri yang unggul dalam pengetahuan umum dan keagamaan. Namun, sebagai pesantren yang baru berdiri sejak tahun 2021, lembaga ini menghadapi tantangan besar dalam hal kualitas dan ketersediaan tenaga pengajar, khususnya pada jenjang SMK. Kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan guru berdampak langsung terhadap efektivitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) yang dimiliki oleh pengajar di Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong. Melalui pendekatan SWOT, penelitian ini diharapkan mampu mengidentifikasi kondisi aktual tenaga pendidik, serta memberikan dasar dalam perumusan strategi pengembangan guru demi meningkatkan mutu pembelajaran di lingkungan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam,observasi partisipatif, dan dokumentasi terhadap Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Dewan Guru, dan tenaga kependidikan. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengajar di pesantren ini memiliki kekuatan dalam bentuk semangat mengabdi, dedikasi tinggi, serta latar belakang pendidikan yang cukup relevan. Namun, ditemukan kelemahan seperti kurangnya pengalaman mengajar, beban kerja yang berat, dan terbatasnya pelatihan profesional. Peluang yang dapat dimanfaatkan meliputi dukungan lembaga terhadap pengembangan karier guru serta kehadiran tenaga muda yang inovatif. Adapun ancaman utama mencakup tekanan administratif, keterbatasan fasilitas, dan tuntutan terhadap pembelajaran yang kompleks. Analisis ini diharapkan menjadi pijakan strategis dalam peningkatan kualitas pengajar secara berkelanjutan di Pondok Pesantren Darul Ma’arif NU Rejang Lebong. Kata Kunci: Analisis SWOT, Pengajar, Kualitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Fajariah, Fajariahfajariahimf@gmail.com
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
Sumarto, Sumartosumarto.manajemeno@gmail.com
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 01 Sep 2025 01:49
Last Modified: 01 Sep 2025 01:49
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8853

Actions (login required)

View Item View Item