Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Ipas) di Mim 10 Karang Anyar

Tunnisa, Fadila and Susilawati, Susilawati and Purna Putra, Hastha (2025) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (Ipas) di Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
Fadila Tunnisa.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK FADILA TUNNISA, NIM 21591072 “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Di Mim 10 Karang Anyar” Skipsi Pada program studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah IAIN curup. Penelitian ini dilakukan di MIM 10 Karang Anyar pada siswa kelas V dengan tujuan yang pertama untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan Discovery Learning, yang kedua mengetahui bagaimana hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPAS setelah menggunakan model Discovery learning, ketiga adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIM 10 karang anyar. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu dengan membagi subjek menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan langsung, pemberian tes, dan pengumpulan dokumen. Analisis data menggunakan serangkaian uji statistik untuk memastikan validitas hasil penelitian. Penelitian ini menunjukkan tiga temuan utama. Pertama, model Discovery Learning diterapkan melalui serangkaian langkah sistematis, termasuk pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Kedua, hasil analisis data menunjukkan perbedaan signifikan dalam hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dengan nilai thitung sebesar 6,889 yang lebih besar dari ttabel (2,024), hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, menunjukkan bahwa model Discovery Learning memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Ketiga, perbandingan antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen juga menunjukkan perbedaan signifikan, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,005, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas V di MIM 10 Karang Anyar. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tunnisa, Fadilafadilatunnisa@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Purna Putra, Hasthahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:30
Last Modified: 25 Aug 2025 02:30
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8848

Actions (login required)

View Item View Item