Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Rejang Lebong

Indah Rahayu, Pebbi Tri and Istan, Muhammad and Deriwanto, Deriwanto (2025) Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Sekolah Luar Biasa Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Full teks.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi manajemen kepala sekolah di SLB Negeri Rejang Lebong, yang mencakup fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Latar belakang penelitian ini berangkat dari keterbatasan jumlah guru serta tantangan dalam penyediaan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik berkebutuhan khusus. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model interaktif Miles,Huberman, dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan fungsi manajemen secara terpadu. Pada aspek perencanaan, kepala sekolah merancang program perbaikan sarana prasarana, penataan administrasi sekolah, serta pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan lomba di tingkat provinsi maupun nasional. Pada aspek pengorganisasian, kepala sekolah berupaya membagi tugas secara proporsional meskipun terkendala keterbatasan guru. Pada aspek penggerakan, kepala sekolah mendorong motivasi guru melalui pembinaan, pelatihan, dan komunikasi yang intensif. Sementara pada aspek pengawasan, kepala sekolah melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja guru, administrasi, dan perkembangan siswa. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kepala sekolah baru menjabat selama satu tahun dan masih dalam tahap adaptasi dari pengalaman sebelumnya di sekolah umum, ia telah berusaha menerapkan fungsi manajemen dengan melibatkan guru, orang tua, dan komunitas sekolah secara partisipatif. Namun demikian, masih diperlukan penyusunan program kerja tertulis yang lebih komprehensif agar manajemen sekolah dapat berjalan lebih sistematis dan berkesinambungan. Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Kualitas Pendidikan, Tenaga Pengajar

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Indah Rahayu, Pebbi TriUNSPECIFIED
Istan, MuhammadIstanmuhammad1975@gmail.com
Deriwanto, Deriwantoderiwanto@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: akun2 akun2
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:47
Last Modified: 25 Aug 2025 03:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8843

Actions (login required)

View Item View Item