Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Man 1 Kepahiang

Aini, Nur and Mustar, Saidil and selvi maharani, mega (2025) Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Man 1 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Skripsi Nur Aini Revisi1.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nur Aini NIM.21531106 “Efektivitas Penggunaan Model Kooperatif Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Man 1 Kepahiang.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran kooperatif adalah suatu model pembelajaran secara berkelompok atau berpasang-pasangan dengan tingkat kemampuan yang berbeda beda dimana peserta didik berinteraksi satu sama lainnya dalam upaya pemecahan masalah di dalam kelompoknya untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menganalisis efektivitas penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di MAN 1 Kepahiang (2) untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan model kooperatif tipe jigsaw, (3) untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (4) untuk mengetahui karakteristik model kooperatif tipe jigsaw, (5) untuk mengetahui hasil belajar al-qur’an hadits di MAN 1 Kepahiang, (6) untuk mengetahui cara mengukur hasil belajar di MAN 1 Kepahiang, dan (7) untuk mengetahui indikator yang mempengaruhi hasil belajar al-qur’an hadits di MAN 1 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui wawancara mendalam kepada guru mata pelajaran Al-Qur'an Hadits dan beberapa siswa kelas X MAN 1 Kepahiang. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menggunakan trianggulasi yaitu triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model kooperatif tipe jigsaw terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa karena merupakan pembelajaran aktif, (2) kelebihan dan kekurangan disetiap model pembelajaran dan itu menjadi tantangan guru untuk mengantisipasinya, (3) langkah-langkah model kooperatif tipe jigsaw sangat terstruktur melalui kelompok berlapis, (4) karakteristik dominan dari model kooperatif tipe jigsaw yaitu pembelajaran aktif, (5) untuk mengetahui hasil belajar siswa yaitu bagaimana siswa dapat memahami tugas yang telah diberikan, (6) Mengukur hasil belajar dengan memberikan tugas kepada siswa dan melihat bagaimana mereka bisa mempertanggungjawabkan tugas tersebut, (7) hasil belajar alqur’an hadits dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Model Kooperatif, Jigsaw, Hasil Belajar, Al-Qur'an Hadits

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Aini, Nurnur.mhs02@iaincurup.ac.id
Mustar, Saidilsaidilmustar@iaincurup.co.id
selvi maharani, megamegaselvimaharani@iaincurup.ac.id
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:36
Last Modified: 13 Aug 2025 03:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item