Implementas Konsep Deep Learning Guru Pai di Sman 03 Lebong

Mariani, Prenty and Nelson, Nelson and Amrullah, Amrullah (2025) Implementas Konsep Deep Learning Guru Pai di Sman 03 Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI_PRENTYMARIANI_KU[1][1].pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Prenty Mariani NIM. 21531115 “Implementasi Konsep Deep Learning Guru PAI Di SMAN 03 Lebong.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna dan mendalam di era pembelajaran abad 21. Konsep deep learning menjadi pendekatan yang relevan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI karena menekankan pada pemahaman mendalam, keterlibatan aktif siswa, serta integrasi nilai-nilai spiritual dan sosial.Penelitian ini bertujuan:(1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI berbasis konsep deep learning oleh guru di SMAN 03 Lebong,(2) Bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menerapkan tiga pilar utama deep learning (mindful learning, meaningful learning, dan joyful learning) dalam model tindakan kelas,(3) Bagaimana evaluasi setelah diterapkannya pembelajaran berbasis deep learning. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan PTK, dengan metode pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi data. Pengujian keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI berbasis konsep deep learning oleh guru dimulai dengen menyususn modul ajar mencakup pertanyaan pemantik, tujuan pembelajarandan alokasi waktu. 2) Proses pelaksanaan pembelajaran PAI menerapkan tiga pilar deep learning dalam tindakan kelas mencakup: mengaitkan (mindful learning), mengalami (joyful & meanful learning) dan membuat makna (meanful learning & mindful learning). 3) Evaluasi setelah diterapkannya pembelajaran berbasis deep learning memberikan umpan balik kontribusi positif terhadap efektivitas pembelajaran PAI di sekolah SMAN 03 Lebong. Kata Kunci: Deep Learning, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Mariani, Prentyprenty@iaincurup.ac.id
Nelson, Nelsonnelason@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Deep Learning, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:50
Last Modified: 13 Aug 2025 07:50
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8812

Actions (login required)

View Item View Item