Dwi Nanda, Ririn and Rahman, Abdul and Sumarto, Sumarto (2025) Pendekatan Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa pada Pendidikan Non Formal di Tpa Masjid Ukhuwah Kelurahan Jalan Baru Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAP RIRIN DWI NANDA.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Ririn Dwi Nanda NIM 21531131 “Pendekatan Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Pendidikan Non Formal Di TPA Masjid Ukhuwah Kelurahan Jalan Baru Curup” Pada saat ini motivasi masih menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru dalam memotivasi belajar siswa. Pada TPA Masjid Ukhuwah masih ada beberapa siswa yang kurang motivasi belajarnya, banyak hal yang dapat membuat motivasi belajar siswa terganggu salah satunya dari faktor eksternal maupun internal. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana guru dapat terlibat secara aktif dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran, serta bagaimana siswa turut berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini juga melihat bagaimana dampak dari memotivasi belajar siswa. Dengan adanya motivasi, proses pembelajaran menjadi lebih menyangkan dan menarik. Semakin kreatif dan menarik cara guru dalam menyampaikan materi, semakin tinggi pula antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif.Penelitian ini berlokasi di TPA Masjid Ukhuwah. Subjek dalam penelitian meliputi Pimpinan TPA Masjid Ukhuwah, para guru TPA Masjid Ukhuwah, serta para siswa TPA Masjid Ukhuwah. Data dikumpulkan yaitu data primer dan sekunder. Intrumen penelitian yang digunakan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Metode penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami fenomena sosial atau perilaku manusia secara utuh dan mendalam, dengan menggambarkan situasi secara rinci menggunakan bahasa naratif. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru dalam melakukan pendekatan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sangat penting bagi perkembangan dan pencapaian prestasi siswa. Siswa cenderung lebih antusias terhadap guru yang menyampaikan materi pelajaran dengan cara menarik dan mudah dipahami. Oleh karena itu, sebagai pendidik, guru perlu menerapkan pendekatan yang tepat kepada siswa guna membangkitkan semangat belajar mereka. Karena setiap siswa memiliki karakter yang berbeda, pendekatan yang digunakan pun harus beragam, baik secara formal, informal, maupun nonformal. Pendekatan yang tepat akan membantu guru dalam menyampaikan materi, sekaligus mempermudah siswa dalam memahami tujuan pembelajaran. Kata kunci : Pendekatan Guru, Motivasi Belajar, Pendidikan Non Formal
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:53 | ||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:53 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |