Intervensi Psikososial Oleh Mudo Sosial Ekspedisi pada Anak Pasca Bencana Banjir Di Talang Donok Kabupaten Lebong

Satro Harmendo, Zacky and Verolyna, Dita and Afrizal, Afrizal (2025) Intervensi Psikososial Oleh Mudo Sosial Ekspedisi pada Anak Pasca Bencana Banjir Di Talang Donok Kabupaten Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
BAHAN KASET SKRIPSI ZACKY SATRO 13 AGUSTUS 2025 (1).pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Bencana banjir seringkali menimbulkan trauma psikososial pada korban, khususnya anak-anak, sehingga intervensi psikososial yang melibatkan dukungan sosial dan program komunitas menjadi sangat penting dalam mendukung proses pemulihan mereka. Intervensi psikososial merupakan upaya sistematis untuk memulihkan kondisi psikologis dan sosial individu atau kelompok yang mengalami kesulitan, sehingga mereka dapat kembali berfungsi secara optimal dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas intervensi psikososial yang dilakukan oleh Mudo Sosial Ekspedisi (MSE) dalam mengatasi trauma anak pascabencana banjir, serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Peneliti menggunkaan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskritif. Penelitian ini dilakukan di Rimbo Recap, Rejang Lebong, Bengkulu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang diterapkan MSE terbukti efektif dan terstruktur, mengacu pada lima prinsip utama intervensi psikososial menurut Stevan E. Hobfoll, yakni memastikan keselamatan, mempromosikan ketenangan, mempromosikan keterhubungan, mendorong efikasi diri dan kelompok menanamkan harapan. Pendekatan ini diwujudkan melalui relokasi anak ke tempat aman, kegiatan bermain dan edukatif, keterlibatan orang tua dan komunitas, serta aktivitas simbolik yang membangkitkan semangat. Selain itu, terdapat empat faktor yang memengaruhi kondisi psikologis anak pascabencana, yaitu keamanan dunia yang terguncang, nilai positif dari diri yang terguncang, makna kehidupan yang terguncang dan dukungan sosial da lam pemulihan. MSE merespons faktor-faktor tersebut yang melibatkan aspek emosional, sosial, dan spiritual anak. Intervensi ini sejalan dengan teori trauma Judith Herman dan ekologi perkembangan Bronfenbrenner, serta menunjukkan efektivitas dalam membangun ketahanan psikologis jangka panjang bagi anak-anak korban bencana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Satro Harmendo, Zackyzacky.mhs@iaincurup.ac.id
Verolyna, Ditaditaverolyna@iaincurup.ac.id
Afrizal, AfrizalUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:57
Last Modified: 13 Aug 2025 08:57
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8800

Actions (login required)

View Item View Item