Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Stad terhadap Semangat Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Ma Muhammadiyah Curup

Margalita, Chasandra and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2025) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Stad terhadap Semangat Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Ma Muhammadiyah Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Cassandra Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Chassandra Margalita, NIM. 21531025. “Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe STAD Terhadap Semangat Belajar Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Muhammadiyah Curup.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Curup, 2025. Dilatarbelakangi oleh rendahnya semangat belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran Akidah Akhlak di lingkungan MA Muhammadiyah Curup. Sebagai solusi dari permasalahan tersebut, diterapkanlah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), yang menitikberatkan pada kerja sama dalam kelompok kecil guna mencapai tujuan pembelajaran. Model ini dipercaya dapat memotivasi siswa sekaligus meningkatkan semangat belajar mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh terhadap semangat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa MA Muhammadiyah Curup, sementara sampelnya berjumlah 20 siswa kelas X. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis melalui berbagai uji statistik, seperti uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, analisis regresi linear sederhana, korelasi person product moment, t-test one sampel, dan koefisien determinasi (R²). Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa penerapan model STAD memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap semangat belajar siswa. Hal ini dibuktikan melalui nilai signifikansi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05, serta nilai koefisien determinasi sebesar 60,9%. Artinya, model STAD memberikan kontribusi sebesar 60,9% terhadap peningkatan semangat belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative tipe STAD efektif dalam meningkatkan semangat belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Muhammadiyah Curup. Kata Kunci: Cooperative Learning, STAD, Semangat Belajar, Akidah Akhlak

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Margalita, Chasandracassandra@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengkubuwono@iaincurup.ac.id
Arsil, Arsilarsil@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 13 Aug 2025 08:03
Last Modified: 13 Aug 2025 08:03
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8798

Actions (login required)

View Item View Item