Efektivitas Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Islam

Hadini, Sila and Wanto, Deri and Amrullah, Amrullah (2025) Efektivitas Metode Wafa dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Santri di Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Islam. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SILA HADINI 21531144.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sila Hadini. Nim 21531144 " Efektivitas Metode Wafa Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an Santri Di Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Islam" Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam ( PAI) Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca AlQur’an santri, khususnya dalam aspek pelafalan huruf, penerapan tajwid, dan kelancaran membaca. Pondok Pesantren Al Ashiriyyah Nurul Islam sebagai lembaga yang terbuka bagi santri dari berbagai latar belakang kemampuan membaca Al-Qur’an, menghadapi tantangan untuk memberikan metode pembelajaran yang efektif. Metode Wafa dipilih karena pendekatannya yang menggunakan otak kanan dan multisensori (visual, auditori, kinestetik) diyakini dapat menjawab tantangan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an santri, efektivitas metode Wafa dalam pembelajaran, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat selama penerapan metode tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah santri kelas VII di Pondok Pesantren Al Ashiriyyah Nurul Islam. Sumber data terdiri dari data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan membaca Al-Qur’an santri kelas VII pada awalnya masih rendah, terutama dalam aspek makhraj, tajwid, dan kelancaran. (2) Metode Wafa terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan tersebut melalui pembelajaran yang menyenangkan, bertahap, dan sesuai gaya belajar santri. (3) Faktor pendukungnya antara lain semangat belajar santri, keterlibatan aktif ustadzah, dan ketersediaan media pendukung. Adapun hambatan yang ditemukan meliputi perbedaan kemampuan awal antar santri, keterbatasan waktu, serta adaptasi terhadap metode baru. Kata Kunci: Metode Wafa, Membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hadini, Silasilahadini.mhs@iaincurup.ac.id
Wanto, Derideriwanto@iaincurup.ac.id
Amrullah, Amrullahamrullah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun10 akun10
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:28
Last Modified: 12 Aug 2025 03:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8796

Actions (login required)

View Item View Item