Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-ended pada Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 2 Rejang Lebong

Amin, Muhammad and Putri, Dini Palupi and Syaripah, Syaripah (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Soal Open-ended pada Materi Bentuk Aljabar di SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif matematis dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam menyelesaikan soal open-ended. Kemampuan berpikir kreatif mencakup kriteria fluency, flexibility, novelty, dan elaboration. Dalam pembelajaran matematika, soal open-ended menjadi salah satu sarana efektif untuk mengembangkan kreativitas siswa. Berdasarkan fenomena tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 2 Rejang Lebong pada materi bentuk aljabar, khususnya pada submateri persamaan linear satu variabel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong, dengan sampel sebanyak 32 siswa dari kelas VIII E yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan tujuan penelelitian. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes tertulis berbentuk soal open-ended yang disusun berdasarkan tiga kriteria kemampuan berpikir kreatif matematis dengan mempertimbangkan efektivitas asesmen: kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), dan kebaruan (novelty), dimana soal-soal tersebut telah divalidasi oleh ahli. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif untuk mengetahui level kemampuan siswa pada masing-masing kriteria. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara umum berada pada kategori sedang. Pada kriteria fluency, mayoritas siswa (56,25%) berada pada level sedang, dengan 37,5% pada level tinggi, dan 6,25% pada level rendah. Pada kriteria flexibility, 59,375% siswa tergolong sedang, 31,25% tinggi, dan 9,375% rendah. Sedangkan pada kriteria novelty, hanya 9,375% siswa yang berada pada level tinggi, sementara sebagian besar (59,375%) berada di kategori sedang dan 31,25% rendah. Hasil ini mengindikasikan bahwa meskipun sebagian siswa telah mampu menyelesaikan soal dengan benar, mereka masih kesulitan menunjukkan flexibility dan novelty.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amin, Muhammadmuhammad@iaincurup.ac.id
Putri, Dini Palupidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:18
Last Modified: 15 Aug 2025 07:18
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item