Aspika, Ani and Asha, Lukman and Sari, Nelfa (2025) Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas Viii Smp Negeri 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Iain Curup.
![]() |
Text
FullText.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa kelas VIII di SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an di kalangan siswa, serta perlunya metode yang tepat dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode talaqqi diterapkan melalui pembacaan ayat oleh guru yang kemudian ditirukan oleh siswa, dengan bimbingan serta koreksi langsung. Sebelum proses menghafal dimulai, siswa terlebih dahulu melakukan tahsin untuk memperbaiki bacaan. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah peran aktif guru dan tersedianya sarana pembelajaran yang memadai. Sementara itu, hambatan yang dihadapi meliputi perbedaan kemampuan siswa dan keterbatasan waktu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan penguatan peran guru serta pengelolaan waktu yang lebih efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran Al-Qur’an. Kata Kunci: Metode talaqqi, membaca Al-Qur’an dan menghafal Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:44 | ||||||||
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:44 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |