Khoiroh, Azzatul and Wanto, Deri and Idris, Muhammad (2025) Analisis Problematika Guru dalam Memetakan Tujuan Pembelajaran (Tp) dan Alur Tujuan Pembelajaran (Atp) pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Studi di Mts Bunayya Islamic School. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Azzatul Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
x ABSTRAK Azzatul Khoiroh NIM. 21531021 “Analisis Problematika Guru dalam Memetakan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Studi Di MTsS Bunayya Islamic School. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTsS Bunayya Islamic School dalam memetakan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada Kurikulum Merdeka, serta mengidentifikasi strategi yang diterapkan untuk mengatasi problematika tersebut. Latar belakang penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan fleksibilitas, guru masih menghadapi kesulitan dalam memahami dan menerapkan konsep Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang dinamis dan berubah-ubah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan fokus pada analisis problematika guru dalam memetakan Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Lokasi penelitian adalah MTsS Bunayya Islamic School di Rejang Lebong, yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka. Subjek penelitian adalah guru dan kepala sekolah MTsS Bunayya Islamic School. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru PAI menghadapi kendala dalam menurunkan Capaian Pembelajaran (CP) menjadi Tujuan Pembelajaran (TP) yang spesifik, terukur, dan kontekstual, serta dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang logis dan progresif sesuai perkembangan peserta didik. Beberapa guru mengalami kesulitan dalam penerapan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) di kelas karena dinamika belajar siswa, keterbatasan waktu, dan kondisi siswa yang heterogen. Problematika juga meliputi kurangnya pemahaman mendalam tentang kurikulum, keterbatasan sumber daya, variasi kemampuan siswa, tekanan untuk mencapai standar, dan kurangnya kolaborasi antar guru. Guru menerapkan strategi asesmen diagnostik untuk memahami kemampuan awal siswa, kolaborasi antar guru untuk berbagi pengalaman dan referensi, serta kreativitas dalam merancang aktivitas pembelajaran yang menarik dan kontekstual. Dukungan sekolah melalui pelatihan dan lokakarya juga berperan penting dalam meningkatkan kompetensi guru. Kata Kunci: Problematika Guru, Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2025 02:17 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |