Muflihah, Arin and Wanto, Deri and Idris, Muhammad (2025) Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendesain Modul Ajar di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Arin Fulltext.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ix ABSTRAK Arin Muflihah NIM. 21531011 “Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mendesain Modul Ajar di SMP Negeri 29 Rejang Lebong”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 29 Rejang Lebong yang mendorong guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI), untuk menyusun dan mengembangkan modul ajar sebagai perangkat pembelajaran yang mandiri, fleksibel, dan kontekstual. Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka menjadi salah satu instrumen penting dalam menunjang pencapaian tujuan pembelajaran dan penguatan profil pelajar Pancasila. Namun, dalam praktiknya, guru dihadapkan pada berbagai tantangan seperti keterbatasan sumber daya, kurangnya standar baku penyusunan, dan kemampuan dalam memahami karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, kompetensi pedagogik guru menjadi kunci utama dalam merancang modul ajar yang efektif dan relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menyusun modul ajar berdasarkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 29 Rejang Lebong. Fokus penelitian diarahkan pada tiga komponen utama dalam modul ajar, yaitu informasi umum, komponen inti, dan lampiran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian terdiri dari guru PAI, kepala sekolah, dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI telah menunjukkan kompetensi pedagogik yang baik dalam merancang dan menyusun modul ajar. Pada komponen informasi umum, guru mampu menyusun identitas modul, kompetensi awal, dan profil pelajar Pancasila sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam komponen inti, guru berhasil merancang tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, serta asesmen yang sesuai dengan capaian pembelajaran. Adapun pada komponen lampiran, guru menyusun LKPD, bahan bacaan, glosarium, dan daftar pustaka secara terstruktur dan relevan. Penelitian ini menegaskan bahwa penguasaan kompetensi pedagogik guru sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, khususnya dalam penyusunan modul ajar yang inovatif, fleksibel, dan adaptif terhadap karakteristik peserta didik. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru PAI, Modul Ajar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2025 08:46 | ||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2025 08:46 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |