Haris, Edwardo and Asha, Lukman and Sari, Nelfa (2025) Implementasi Aplikasi Canva dan Quizizz dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ujan Mas. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
IMPLEMENTASI APLIKASI CANVA DAN QUIZIZZ DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Edwardo Haris NIM 21531042 Implementasi aplikasi Canva dan Quizizz dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ujan Mas. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan minat belajar siswa sebelum dan sesudah guru Pendidikan Agama Islam menggunakan aplikasi Canva dan Quizizz didalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi aplikasi Canva dalam Menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ujan Mas, implementasi aplikasi Quizizz dalam Menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ujan Mas, dan apa kelebihan dan kekurangan implementasi aplikasi Canva dan Quizizz dalam Menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Ujan Mas Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas VII A, IX A dan IX B SMPN 2 Ujan Mas dengan menggunakan teknik snowball sampling dan purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa 1) data primer dan 2) data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data 3) penyajian data, 4) dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi aplikasi Canva dalam bentuk power point (PPT) mampu Menumbuhkan minat belajar siswa dalam bentuk perasaan senang saat pembelajaran, ketertarikan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, keterlibatan siswa saat proses pembelajaran dan meningkatnya konsentrasi dan perhatian siswa saat guru menjelaskan materi pembelajaran (2) Implementasi aplikasi Quizizz Implementasi aplikasi Quizizz dalam bentuk pilihan ganda berhasil Menumbuhkan minat belajar siswa berupa perasaan senang saat pembelajaran, ketertarikan siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, keterlibatan siswa saat proses pembelajaran dan meningkatnya konsentrasi dan perhatian siswa saat guru menjelaskan materi pembelajaran (3) kelebihan dari implementasi aplikasi Canva dan Quizizz meliputi sarana dan prasarana, dukungan dari sekolah, dan keahlian guru dalam menggunakan teknologi. Sementara itu, kekurangannya yaitu keterbatasan kemampuan siswa, kesalahan teknis seperti akses internet yang terjadi saat proses pembelajaran. Kata Kunci: Canva, Quizizz, Minat belajar, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 07 Aug 2025 08:11 | ||||||||
Last Modified: | 07 Aug 2025 08:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8761 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |