Upaya Guru Pai dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online pada Siswa di Sman Jayaloka

Ferlista, Prasetia and Abdurrahman, Abdurrahman and Fadila, Fadila (2025) Upaya Guru Pai dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online pada Siswa di Sman Jayaloka. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
SKRIPSI PRASETIA FERLISTA.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetia Ferlista NIM. 21531114 “Upaya Guru PAI dalam Mengatasi Dampak Negatif Game Online Pada Siswa di SMAN Jayaloka.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan masalah yang ditemukan di lapangan, meningkatnya kecanduan game online di kalangan siswa. Observasi awal menunjukkan indikasi kuat bahwa terdapat sejumlah siswa yang sudah kecanduan game online dan telah menunjukkan dampak negatif akibat bermain game online tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kasus: (1) Dampak negatif game online pada siswa di SMAN Jayaloka, (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa di SMAN Jayaloka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan (case study) atau studi kasus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap sejumlah informan. Informan dalam penelitian ini yaitu siswa yang kecanduan bermain game online kelas 10. E. 2, 11. F. 1, dan 11. F. 3, guru PAI, guru BK, dan kepala sekolah SMAN Jayaloka. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verfikasi data. Teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, dan trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dampak negatif yang ditimbulkan akibat game online meliputi: (a) Aspek kesehatan fisik, membuat siswa mengeluh sakit kepala, mata merah, dan sembab. (b) Aspek perilaku belajar, membuat siswa lebih mudah marah, karena emosi yang tidak stabil, dan cenderung lebih tertutup. (c) Aspek prestasi akademik, membuat siswa mengalami penurunan nilai terutama pada mata pelajaran PAI, karena kurangnya konsentrasi atau kurang fokus saat di kelas. (d) Aspek waktu ibadah, membuat siswa menjadi lalai dalam beribadah, bahkan cenderung mengabaikan waktu shalat demi game, karena menurunnya kesadaran spiritual. (2) Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi dampak negatif game online pada siswa di SMAN Jayaloka yaitu melalui upaya kuratif meliputi: (a) Aspek kesehatan fisik, guru PAI melakukan pendekatan personal, komunikasi dengan orang tua siswa, dan koordinasi dengan Unit Kesehatan Sekolah (UKS). (b) Aspek perilaku belajar, guru PAI berkoordinasi dengan guru BK kemudian memanggil siswa dan orang tuanya bersama-sama untuk mediasi dan mencari solusi. (c) Aspek prestasi akademik, guru PAI melakukan pendekatan secara mendalam, peningkatan motivasi belajar, dan inovasi pembelajaran. (d) Aspek waktu ibadah, guru PAI mengajak siswa untuk melaksanakan shalat dzuhur berjama’ah, mengaji sebelum memulai pembelajaran, mengajak untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat dan minat, dan bekerja sama dengan orang tua dalam mengawasi kegiatan ibadah siswa di rumah. Kata Kunci: Guru PAI, Dampak Negatif Game Online.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ferlista, Prasetiaprasetia@iaincurup.ac.id
Abdurrahman, Abdurrahmanadurahman@iaincurup.ac.id
Fadila, Fadilafadila@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, Dampak Negatif Game Online.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 11 Aug 2025 04:00
Last Modified: 11 Aug 2025 04:00
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8759

Actions (login required)

View Item View Item