Analisi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Kemampuan Representasi Matematis

Masrurin, Nurbaiti and Irsal, Irni Latifa and Palupi Putri, Dini (2025) Analisi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Kemampuan Representasi Matematis. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup.

[img] Text
FULL TEXT (1).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nurbaiti Masrurin. 2025. Analisis Tingkat Berrpikir Kreatif Siswa Berdasarkan Kemampuan Representasi Matematis. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Curup Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika, khususnya dalam menyelesaikan masalah yang menuntut pemahaman mendalam dan fleksibilitas berpikir. Kemampuan representasi matematis menjadi salah satu aspek penting yang mendukung proses berpikir kreatif siswa. Representasi tersebut mencakup penyajian informasi dalam bentuk visual, simbolik, dan verbal yang dapat membantu siswa memahami dan memecahkan masalah dengan lebih efektif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat berpikir kreatif siswa berdasarkan kemampuan representasi matematis di SMP Negeri 1 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain concurrent embedded, yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif secara bersamaan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan berpikir kreatif, tes kemampuan representasi matematis, dan wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial, kemudian diperkuat melalui data kualitatif hasil wawancara untuk memberikan pemahaman yang lebih komprehensif terhadap temuan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat berpikir kreatif kategori sedang, sedangkan sisanya berada pada kategori rendah dan tinggi. Kemampuan representasi matematis siswa juga bervariasi dalam bentuk visual, simbol atau persamaan matematis, serta teks tertulis. Analisis regresi sederhana menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kemampuan representasi matematis terhadap tingkat berpikir kreatif siswa. Temuan ini menegaskan bahwa penguatan kemampuan representasi matematis dalam proses pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan kreativitas berpikir siswa dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Masrurin, Nurbaitinurbaiti.mhs01@iaincurup.ac.id
Irsal, Irni Latifairni.latifa@iaincurup.ac.id
Palupi Putri, Dinidinipalupiputri@iaincurup.ac.id
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun6 akun6
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:42
Last Modified: 12 Aug 2025 03:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8758

Actions (login required)

View Item View Item