Anggraini, Sela and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2025) Pengaruh Penggunaan Chat Gpt terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Iain Curup. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
skripsi sela fiks cetak new1.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pengaruh Penggunaan Chat GPT Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Curup Para peneliti sudah mengamati berbagai tren teknologi yang berkembang dalam masa waktu tertentu. Kehadiran ChatGPT ini menjadi pro dan kontra dalam berbagai pihak. Kecerdasan buatan ini menjadi terobosan baru khususnya di dunia Teknologi Informasi dan Komunikasi dan karenanya peneliti tertarik mengenai apakah penggunaan Chat GPT berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa Pendidikan Agama Islam IAIN Curup. Kemampuan berpikir kritis sangat penting bagi mahasiswa, terutama dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menyusun argumen yang logis dalam konteks keilmuan keagamaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada mahasiswa Pendidikan Agama Islam angkatan tahun 2023 IAIN Curup. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PAI angkatan 2023, dengan teknik pengambilan sampel Kuota Sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 34 responden. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan Tingkat Capaian Responden (TCR). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji koefisien determinasi dan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui tingkat hubungan dan pengaruh antara variabel penggunaan Chat GPT (X) terhadap kemampuan berpikir kritis (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan Chat GPT terhadap kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Penggunaan Chat GPT pada mahasiswa PAI dengan tingkat capaian responden (TCR) 70,59% berada pada kategori Cukup Baik, dan Kemampuan Berfikir kritis Mahasiswa PAI dengan tingkat capaian responden (TCR) 82.63% berada dalam kategori Baik. Penggunaan Chat GPT terbukti berkontribusi positif dalam membentuk sikap mahasiswa yang lebih proaktif, kritis, dan kreatif dalam proses pembelajaran. Mahasiswa menjadi lebih termotivasi untuk mengeksplorasi ide, menguji kebenaran informasi, dan mengembangkan argumen secara mandiri. Selain itu, nilai R Square (R²) sebesar 0,343 menunjukkan bahwa sebesar 34,3% kemampuan berpikir kritis mahasiswa dapat dijelaskan oleh penggunaan Chat GPT, sedangkan 65,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Kata Kunci: Chat GPT, Berfikir Kritis, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Buatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Chat GPT, Berfikir Kritis, Mahasiswa, Pendidikan Agama Islam, Kecerdasan Buatan. | ||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:36 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:36 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |