Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAIdi SMA Negeri Megang Sakti

Astuti, Febby Melinda and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arsil, Arsil (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PAIdi SMA Negeri Megang Sakti. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Skripsi After Sidang Melin(1).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri Megang Sakti. Hal ini diduga karena metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi dan tidak mendorong partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together (NHT), sebuah model pembelajaran kooperatif yang menekankan kerja sama kelompok dan tanggung jawab individu, terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental design). Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas XI.6 SMA Negeri Megang Sakti. Data dikumpulkan melalui angket, tes hasil belajar, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara penerapan model pembelajaran NHT terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI, karena mampu mendorong siswa untuk lebih aktif, bertanggung jawab, dan termotivasi dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Numbered Head Together, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Astuti, Febby Melindamelinda.mhs@iaincurup.ac.id
Hamengkubuwono, Hamengkubuwonohamengku7@gmail.com
Arsil, Arsilarsil@iaincurup.co.id
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 04 Aug 2025 08:30
Last Modified: 25 Aug 2025 03:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8747

Actions (login required)

View Item View Item