Salsabila, Yuli and Nelson, Nelson and Amrullah, Amrullah (2025) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Proses Pembelajaran Pai Berbasis Joyful Learning di Smp Negeri 4 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI YULI SALSABILA (21531176) PAI.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Yuli salsabila NIM. 21531176 “ Problematika Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Proses Pembelajaran PAI Berbasis Joyful Learning” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Rejang Lebong dengan latar belakang tentang pelaksanaan pembelajran PAI berbasis joyful learning, problematika guru PAI dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis joyful learning, upaya guru PAI mengatasi problematika dalam menerapkan pembelajaran PAI berbasis joyful learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi problematika yang dihadapi guru dalam evaluasi PAI serta menggali solusi berdasarkan prinsip Joyful Learning guna menciptakan pembelajaran yang lebih efektif, menyenangkan, dan membentuk karakter siswa secara menyeluruh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan triangulasi sumber dengan membandingkan informasi dari guru PAI dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan Joyful Learning telah diterapkan dengan cukup baik dan memberikan dampak positif terhadap motivasi, partisipasi, dan pemahaman siswa, baik dari aspek kognitif, afektif, maupun spiritual. Guru berperan sebagai fasilitator yang menciptakan suasana belajar yang menyenangkan melalui metode bervariasi seperti diskusi, cerita Islami, permainan edukatif, dan media visual. Namun demikian, terdapat sejumlah kendala yang dihadapi guru, antara lain kesulitan menghadapi siswa introvert, keterbatasan media pembelajaran. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan pendekatan personal dan humanis, menyesuaikan metode evaluasi, serta memanfaatkan media sederhana dan teknologi yang tersedia. Strategi ini menunjukkan bahwa dengan semangat, kreativitas, dan pendekatan yang tepat, guru mampu mewujudkan evaluasi yang lebih bermakna, menyenangkan, dan membentuk karakter siswa secara holistik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan pembelajaran PAI yang lebih efektif dan berpusat pada siswa. Kata Kunci: Problematika Guru, Evaluasi Pembelajaran, Joyful Learning, Deep Learning, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:48 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:48 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |