Jesika, Winta and Rahman, Abdul and Oktori, Agus Riyan (2025) Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Ahlak Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI WINTA JESIKA (21531168) PAI.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Winta Jesika NIM. 21531168 “Nilai-Nilai Moderasi Beragama Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Akidah Ahklak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah” Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam dunia pendidikan, moderasi beragama merupakan prinsip penting dalam kehidupan beragama ditengah masyarakat yang majemuk. keberadaan buku teks memegang peranan penting dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Penanaman nilai-nilai moderasi beragama dalam dunia pendidikan memimiliki peran peran penting dalam membentuk karakter peserta didik yang toleran, adil dan menghargai perbedaan. Akidah Akhlak sebagai salah satu mata pelajaran dalam pendidikan islam di Madrasah Tsanawiyah menjadi sarana strategis dalam membumikan ajaran-ajaran islam yang moderat. Buku teks pelajaran menjadi salah satu media utama dalam menyampaikan nilai-nilai moderasi beragama tersebut kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana muatan nilainilai moderasi beragama yang terdapat dalam buku teks tersebut, serta menilai kesesuaiannya dengan tujuan kurikulum. Metode yang digunakan peneliti yaitu studi pustaka (library research). Sumber data yang diperoleh dari sumber data primer berupa buku teks akidah ahklak kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Serta sumber data sekunder berupa artikel, jurnal-jurnal dan buku nilai-nilai moderasi beragama yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini juga memakai teknik analisis berupa metode deskriptif dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku semangat mendalami akidah ahklak untuk MTs kelas VIII semester ganjil ini terdapat 7 nilai moderasi beragama, diantarannya nilai tawasuth, nilai I’tidal, nilai tasamuh/toleransi, nilai islah, nilai qudwah/keteladanan, nilai al-la unf/anti kekerasan, I’tiraf al-urf/ramah budaya. Nilai muwathanah/cinta tanah air dan nilai syura’/musyawarah. Tidak dimasukkan kedua nilai tersebut disebabkan karena materi buku lebih difokuskan pada pembentukan sikap dan ahklak siswa secara individu dan sosial dasar. Sesuai dengan tingkatan pemahaman mereka pada jenjang sekolah menengah. Kata Kunci: Nilai Moderasi Beragama, Buku teks, Akidah Ahklak.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun9 akun 9 akun9 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:50 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:50 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |