Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Barokah Al Haromain Muara Enim

Adilla, Irsi and Kusen, Kusen and Nurjannah, Nurjannah (2025) Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ma Barokah Al Haromain Muara Enim. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Irsi Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

xi ABSTRAK Irsi Adilla NIM. 21531072 “Strategi Guru Al Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MA Barokah Al Haromain Muara Enim” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas X MA Barokah Al Haromain Muara Enim, serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatnya, serta solusi yang diterapkan oleh guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menggunakan beberapa strategi pembelajaran seperti problem based learning, project based learning, discovery learning, dan ekspository learning. Strategi ini disesuaikan dengan kondisi siswa, tujuan pembelajaran, dan materi ajar agar proses pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan menyenangkan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi ini meliputi motivasi siswa, ketersediaan media pembelajaran, dan peran aktif guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah rendahnya kemampuan membaca Al- Qur’an sebagian siswa, kurangnya fasilitas, dan minimnya waktu pembelajaran. Solusi yang diterapkan meliputi pemberian motivasi, pembelajaran tambahan di luar jam pelajaran, serta pendekatan personal kepada siswa yang mengalami kesulitan. Dengan penerapan strategi yang tepat, hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan, meskipun masih terdapat tantangan yang perlu diatasi secara berkelanjutan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam peningkatan kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits di madrasah. Kata kunci: Strategi pembelajaran, Al-Qur’an Hadits, hasil belajar, MA Barokah Al Haromain

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Adilla, Irsiirsi.mhs@iaincurup.ac.id
Kusen, Kusenkusenpasca1969@gmail.com
Nurjannah, Nurjannahnurjannah@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun4 akun4
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:43
Last Modified: 31 Jul 2025 08:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8725

Actions (login required)

View Item View Item