Dwi Rizkite, Berlian and Khudhori, Khairul Umam and Wijaya, Harianto (2025) Analisis Perilaku Impulse Buying Melalui E-Commerce Shopee dalam Modest Fashion Ditinjau dari Etika Konsumsi Islam. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Berlian Fulltext.pdf - Accepted Version Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Berlian Dwi Rizkite (21681008) : Analisis Perilaku Impulse Buying Melalui E-commerce Shopee Dalam Modest Fashion Ditinjau dari Etika Konsumsi Islam. Perkembangan tren Modest Fashion di kalangan Muslimah, khususnya mahasiswi, semakin pesat seiring kemudahan berbelanja melalui platform E- commerce seperti Shopee. Fitur-fitur promosi yang ditawarkan mendorong perilaku Impulse Buying, yaitu pembelian spontan tanpa perencanaan. Dalam perspektif Islam, konsumsi harus berlandaskan pada Etika Konsumsi Islam yang menekankan Konsumsi halal, kebutuhan bukan keinginan, kesederhanaan serta menjauhi pemborosan (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana E-Commerce mendorong perilaku impulse buying dalam tren Modest Fashion dan bagaimana implementasi etika konsumsi Islam di kalangan mahasiswi Prodi Ekonomi Syariah IAIN Curup. Penelitian ini metode yang digunakan metode kualiatatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik wawancara tidak terstruktur. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer, sumber data sekunder, adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan pada penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 mahasiswi aktif angkatan 2021-2024 yang mengikuti tren Modest Fashion pada produk Baju dan berbelanja melalui E-Commerce Shopee. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para informan sering membeli produk Modest Fashion secara mendadak atau impulsif (perilaku Impulse Buying), tanpa mempertimbangkan kebutuhan sebenarnya dan tanpa perencanaan sebelumnya. Perilaku belanja ini banyak dipengaruhi oleh promosi menarik di E- Commerce Shopee, rekomendasi dari media sosial, pengaruh teman dan lingkungan sekitar, serta desain produk yang menarik perhatian. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pemahaman mahasiswi tentang Etika Konsumsi Islam masih sebatas teori, seperti pemahaman prinsip kesederhanaan dan konsumsi halal dan belum sepenuhnya diterapkan saat berbelanja. Beberapa informan memang sudah memahami pentingnya hidup sederhana dan membeli barang yang halal sesuai ajaran Islam, tetapi ada juga yang masih belum benar-benar tahu apa itu Etika Konsumsi Islam. Kata Kunci: Impulse Buying, E-Commerce, Modest Fashion, Etika Konsumsi Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
||||||||
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | akun4 akun4 | ||||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2025 08:18 | ||||||||
Last Modified: | 04 Aug 2025 08:18 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |