Karya Utami, Feni and Deriwanto, Deriwanto and Idris, Muhammad (2025) Etika Peserta Didik dalam Perspektif Imam Al-Ghazali dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Saat Ini. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI FENI KARYA UTAMI .pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Feni Karya Utami NIM 21531054 “Etika Peserta Didik Dalam Perspektif Imam Al-Ghazali Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Saat Ini”. Skripsi Mahasiswa prodi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Curup Penelitian ini membahas gagasan etika peserta didik menurut Imam Al-Ghazali sebagaimana tertuang dalam karya Ihya Ulum al-Din, serta mengkaji keterkaitannya dengan kondisi pendidikan Islam di era modern. Latar belakang kajian ini didasari oleh kekhawatiran terhadap menurunnya adab belajar di kalangan pelajar, terutama akibat pengaruh teknologi dan perubahan budaya belajar dalam masyarakat digital. Imam Al-Ghazali memandang proses menuntut ilmu sebagai perjalanan jiwa yang memerlukan penyucian batin, keikhlasan, sikap hormat kepada guru, serta tahapan pembelajaran yang teratur. Penelitian ini menggunakan sumber data primer berupa buku Ihya Ullumuddin dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka, sumber data primer buku Ihya Ullumuddin dan sumber data sekunder jurnal, artikel dan buku yang relevan. analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap : 1). Reduksi data, 2). Penyajian data (data display). 3). Kesimpulan/verifikasi Hasil kajian menunjukkan bahwa nilai-nilai etika dalam belajar menurut Al-Ghazali memiliki relevansi kuat terhadap pengembangan pendidikan Islam saat ini, khususnya dalam membentuk karakter yang seimbang antara aspek intelektual dan spiritual. Prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan melalui penguatan kurikulum berbasis etika, pengembangan pelatihan guru yang berlandaskan nilai moral, serta pemanfaatan teknologi yang tetap menjunjung tinggi kesantunan digital. Dengan demikian, pemikiran Imam Al-Ghazali memberikan landasan filosofis dan praktis bagi model pendidikan Islam yang tidak hanya mengejar prestasi akademik, tetapi juga menumbuhkan kepribadian yang utuh dan berakhlak. Kata Kunci: Etika peserta didik, Al-Ghazali, pendidikan Islam, adab, pembelajaran spiritual, era digital
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2025 08:02 | ||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2025 08:02 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8714 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |