Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa di Sd Negeri 168 Rejang Lebong

Sundari, Jerri and Masudi, Masudi and purna putra, hastha (2025) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa di Sd Negeri 168 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI JERRI SUNDARI.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jerri Sundari NIM 21531076 dengan judul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Pada Siswa Di SD Negeri 168 Rejang Lebong.” Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIN Curup. Penelitian ini membahas strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa di SD Negeri 168 Rejang Lebong. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya minat baca Al-Qur’an yang terlihat dari anak-anak yang belum bisa membaca Al-Qur’an dan yang berkeinginan untuk belajar Al-Qur’an masih sangat kurang, sehingga masih terdapat siswa yang belum lancar membaca Al-Qur’an bahkan belum bisa melafalkan huruf-huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an pada siswa Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam dan siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam menerapkan berbagai strategi seperti pembelajaran kelompok, strategi pengulangan bacaan, strategi pembelajaran individual, pembiasaan membaca Al-Qur’an di pagi hari dan pemberian apresiasi dan motivasi dalam belajar membaca Al-Qur’an. Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an terdiri dari faktor pendukung meliputi peran orang tua sebagai pembimbing, dukungan dari pihak sekolah, kepedulian guru dan motivasi dari dalam diri siswa untuk terus belajat Al-Qur’an sedangkan faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana dan kurangnya pendampingan di rumah untuk membimbing belajar membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Strategi guru pendidikan agama Islam, minat, baca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sundari, Jerrijerri.mhs@iaincurup.ac.id
Masudi, Masudimasudialwi70@gmail.com
purna putra, hasthahasthapurna@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:05
Last Modified: 31 Jul 2025 08:05
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8713

Actions (login required)

View Item View Item