Wahyu Hidayat, Asraf and Nelson, Nelson and Amrullah, Amrullah (2025) Analisis Praktik Pedagogis Deep Learning pada Pembelajaran Fiqh di Man 2 Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI revisi sidang (asraf).pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
ANALISIS PENERAPAN PRAKTIK PEDAGOGIK DEEP LEARNING PADA PEMBELAJARAN FIQH DI MAN 2 LEBONG Asraf Wahyu Hidayat (21531017) ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Lebong dengan latar belakang Guru menjadi syarat menciptakan pembelajaran yang bermakna dan tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Apabila tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu menjawab ujian, maka tentunya guru cukup mengajarkan cara menjawab soal ujian dengan baik dan benar. Apabila tujuan pembelajaran agar peserta didik mampu menjawab dan menghadapi tantangan hidup, maka kemerdekaan belajar menjadi pedoman guru dalam mengajar. Kemerdekaan belajar menjadi salah satu cara guru dalam menentukan cara belajar dan tujuan peserta didik dalam menciptakan pembelajaran yang efektif. Teori Deep Learning yang efektif dalam memenuhi kebutuhan peserta didik dalam penyesuaian dengan situasi lokal dan mampu menjawab tuntutan kurikulum di zaman yang modern ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan praktik pedagogik deep learning pada pembelajaran fiqh di MAN 2 Lebong. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan praktik pedagogik deep learning pada pembelajaran fiqh di MAN 2 Lebong. Sama seperti mata pelajaran lainnya guru dalam mengajar masih berpedoman kepada perangkat ajar yang telah disusun. Guru menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran fiqh diantaranya metode simulasi, metode diskusi dan proyek based learning. Namun dalam menerapkan metode ini guru juga memiliki tantangan yaitu menyesuaikan metode yang ingin di gunakan dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda. Faktor pendukung, seperti adanya materi fiqh, sedangkan faktor penghambat meliputi kurangnya pemahaman dan keterampilan guru terhadap teknologi. Namun, penerapan praktik pedagogik deep learning pada pembelajaran fiqh bisa meningkatkan pemahaman siswa dalam belajar. Kata Kunci: Praktik Pedagogik, deep learning
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Praktik Pedagogik, deep learning | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2025 08:06 | ||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2025 08:06 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8707 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |