Pengaruh Pembelajaran dengan Model Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (Lok-R) terhadap Productive Disposition dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp It Rabbi Radhiyya

Eliya, Bella and Syaripah, Syaripah and Septiana, Anisya (2025) Pengaruh Pembelajaran dengan Model Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (Lok-R) terhadap Productive Disposition dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp It Rabbi Radhiyya. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
BELLA TMM.pdf - Accepted Version

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) Terhadap Productive Disposition dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Rabbi Radhiyya Oleh : Bella Eliya (21571003) Kurangnya antusias peserta didik terhadap pembelajaran matematika berdampak pada menurunnya rasa ingin belajar mereka. Selain itu, keterampilan kerja sama yang masih rendah antar peserta didik turut menghambat terjadinya interaksi yang efektif serta pertukaran ide di dalam kelas. Kondisi ini diperparah dengan minimnya partisipasi aktif dalam proses pembelajaran, sehingga menghambat tercapainya tujuan pembelajaran secara optimal. Keterbatasan ini mempengaruhi sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dan tujuan penelitian ini untuk : 1) mengetahui penerapan model pembelajaran LOK-R; 2) mengetahui productive disposition siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas VII SMP IT Rabbi Radhiyya; 3) mengetahui terdapat pengaruh model pembelajaran LOK-R terhadap productive disposition siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian yaitu One-Group Pretest- Posttest Design. Populasi dari penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Rabbi Radhiyya. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh kelas VIIA sebagai sampel. Instrumen yang digunakan adalah angket (pretest dan posttest), dan lembar observasi (guru dan aktivitas siswa). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pelaksanaan proses pembelajaran terhadap guru yang memiliki rata-rata sebesar 90% yang menandakan penerapan model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik. Kemudian pelaksanaan proses pembelajaran aktivitas siswa yang memiliki rata-rata total adalah 93%, yang artinya penerapan model pembelajaran terlaksana dengan sangat baik; 2) nilai rata-rata pada pretest hanya sebesar 92,27 sedangkan peningkatan terjadi ketika hasil posttest yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 125,192; 3) hasil uji hipotesis pada productive disposition yang terjadi pada pretest dan posttest yaitu dengan adanya taraf sig. 0,000 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa penerapan model Literasi, Orientasi, Kolaborasi, dan Refleksi (LOK-R) terdapat pengaruh terhadap productive disposition. Kata Kunci: Model LOK-R, Productive Disposition, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Eliya, Bellabella.mhs@iaincurup.ac.id
Syaripah, Syaripahsyana1401@gmail.com
Septiana, Anisyaanisyaseptiana@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model LOK-R, Productive Disposition, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 30 Jul 2025 04:02
Last Modified: 30 Jul 2025 04:02
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8698

Actions (login required)

View Item View Item