Husaini, Habib and Harmi, Hendra and Cikdin, Cikdin (2025) Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama Yang Terdapat Dalam Buku Teks PAI Kurikulum Merdeka Belajar Kelas IV SD. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Habib Husaini NIM. 18531061.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan agama memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa buku teks Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SD masih berpotensi memuat narasi intoleransi dan kekerasan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai moderasi beragama dalam Buku Teks PAI Kurikulum Merdeka kelas IV SD. Pemilihan kelas IV didasarkan pada karakteristik usia 9–10 tahun yang merupakan masa penting dalam perkembangan pemahaman sosial dan keberagaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui metode studi pustaka dan analisis konten. Sumber data utama berasal dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) kelas IV SD terbitan Kemendikbud tahun 2021, sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai literatur, jurnal, dan dokumen pendukung lainnya. Teknik analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian, serta verifikasi temuan, dan diperkuat dengan triangulasi sumber untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku tersebut memuat sejumlah nilai moderasi beragama seperti tasamuh (toleransi), la unf (anti-kekerasan), muwathanah (cinta tanah air), syura (musyawarah), tawasuth (keseimbangan), dan i’tidal (keadilan). Nilai-nilai tersebut tersebar dalam beberapa bab, antara lain Bab I, II, III, V, VI, VIII, dan X. Penerapannya tampak melalui narasi penghormatan terhadap perbedaan, ajakan hidup damai, keteladanan Rasulullah SAW, serta pembahasan Masjid Nabawi dan Piagam Madinah sebagai simbol kehidupan masyarakat yang adil dan inklusif. Dengan demikian, buku PAIBP kelas IV SD Kurikulum Merdeka memiliki potensi yang kuat dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama kepada peserta didik sejak dini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun6 akun6 | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 07:47 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 07:47 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |