Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Sekabupaten Rejang Lebong

Putri, Amalya and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Sekabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Amalya Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK AMALYA PUTRI, NIM. 21591013 “Analisis Penggunaan Teknologi dalam Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se- Kabupaten Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini berlatar belakang bahwa asesmen pembelajaran berbasis teknologi dilaksanakan guna meningkatkan kualitas penilaian yang relevan sesuai dengan perkembangan zaman, namun dalam pelaksanaannya masih belum optimal dikarenakan terdapat hambatan dari segi SDM maupun sarana dan prasarananya. Penelitian ini dilakukan kepada Kepala Madrasah, Guru, dan Operator di MIN se- Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis bentuk penggunaan teknologi dalam asesmen pembelajaran di MIN se-Kabupaten Rejang Lebong; 2) Mengidentifikasi hambatan serta solusi yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di MIN 01, 02, 03, dan 04 Rejang Lebong dengan metode studi lapangan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan terdiri dari Guru, Kepala Madrasah, dan Operator, yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) MIN se-Kabupaten Rejang Lebong telah mengintegrasikan teknologi seperti Google Forms, Microsoft Forms, dan Quizizz, terutama di kelas tinggi yaitu kelas 4, 5, dan 6. 2) Terdapat kendala seperti jaringan internet yang tidak stabil, keterbatasan perangkat siswa, serta penggunaan kuota pribadi. Sebagai solusi, guru meminjamkan perangkat pribadi dan memfasilitasi siswa agar tetap bisa mengikuti asesmen. Penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi berkontribusi besar dalam mendukung pelaksanaan asesmen yang lebih efektif, efisien, dan kontekstual sesuai prinsip Kurikulum Merdeka. Dukungan fasilitas dan pelatihan berkelanjutan sangat dibutuhkan untuk optimalisasi implementasinya. Kata Kunci: Penggunaan Teknologi, Asesmen Pembelajaran

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Putri, Amalyaamalya.mhs@iaincurup.ac.id
Zulaiha, Sitisitizulaiha@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhsan Ps
Date Deposited: 28 Jul 2025 02:36
Last Modified: 28 Jul 2025 02:36
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8659

Actions (login required)

View Item View Item