Dwi Damayanti, Dina and Purnama Sari, Dewi and Siswanto, Siswanto (0202) Analisis Permasalahan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Dina Fulltext.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
vi ABSTRAK Dina Dwi Damayanti NIM 21531038 “Analisis Permasalahan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Rejang Lebong”.Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi, proses pembelajaran diharapkan dapat berjalan dengan menyesuaikan pada karakteristik peserta didik. Guru harus dapat mengenal karakteristik dari masing-masing siswa. Baik itu dari profil siswa, gaya belajar, minat belajar, tantangan yang siswa hadapi serta kebutuhan pendidikan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :1) Hambatan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP Negeri 6 Rejang Lebong 2) Upaya guru dalam mengatasi permasalahan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP Negeri 6 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa 1) data primer dan 2) data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa; 1) pengumpulan data, 2) reduksi data 3) penyajian data, 4) dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Beberapa hambatan penyebab permasalahan dalam pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) di SMP Negeri 6 Rejang Lebong meliputi perbedaan latar belakang siswa yang beragam, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan waktu yang kurang memadai. (2) Guru di SMP Negeri 6 Rejang Lebong telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi permasalahan dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi, seperti dengan membuat metode pembelajaran yang bervariatif, membuat berbagai macam konten yang beragam, dan memberikan pilihan produk kepada siswa sebagai tugas akhir. Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran, Berdiferensiasi, PAI
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Ikhsan Ps | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 03:18 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 03:18 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |