Nurlela Harahap, Siti and Pohan, Sumarto and Komalasari, Bakti (2025) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Membentuk Budaya Religius di Mis Guppi No. 13 Tasik Malaya Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Siti Fulltext.pdf - Accepted Version Download (15MB) |
Abstract
ABSTRAK PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MEMBENTUK BUDAYA RELIGIUS DI MIS GUPPI NO. 13 TASIK MALAYA REJANG LEBONG Kepemimpinan kepala madrasah memiliki peran penting dalam membentuk budaya religius di lingkungan pendidikan Islam. Penelitian ini mengeksplorasi kontribusi kepala madrasah melalui tiga peran kunci: leader, educator, dan motivator. Sebagai leader, kepala madrasah menunjukkan kemampuan strategis dalam mengambil keputusan dan mengkoordinasikan program-program keagamaan dengan gaya kepemimpinan partisipatif. Dalam kapasitasnya sebagai educator, kepala madrasah fokus pada pembinaan guru, memberikan teladan dalam penerapan ajaran Islam, dan mendorong proses pembelajaran yang berbasis nilai-nilai religius. Peran motivator kepala madrasah tercermin dalam upaya menginspirasi dan memotivasi seluruh warga madrasah untuk terlibat aktif dalam praktik keagamaan. Perannya sebagai manager, kepala madrasah mampu merencanakan, mengorganisasi, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan keagamaan secara sistematis. Sebagai supervisor, kepala madrasah melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap pelaksanaan program religius agar berjalan efektif dan berkelanjutan. Hal ini diwujudkan melalui serangkaian kegiatan religius salat dhuha, hadrah, pengembangan diri, tahfiz, dan kegiatan ibadah Ramadan yang berdampak pada meningkatnya kesadaran spiritual siswa dan terciptanya lingkungan madrasah yang religius serta kondusif. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis kualitatif dengan Pendekatan deskriptif. Teknik Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan kepala madrasah, guru, serta siswa. Kemudian dianalisis dengan 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peran kepemimpinan kepala madrasah memiliki pengaruh yang signifikan dalam membentuk karakter religius siswa. Proses dalam membentuk budaya religius di madrasah sudah terlaksana secara berkelanjutan melalui berbagai kegiatan keagamaan, seperti salat Dhuha, pengembangan diri, hadrah, tahfiz, serta ibadah di bulan Ramadan. Dampak dari peran kepemimpinan kepala madrasah sudah terlihat dalam meningkatnya kesadaran siswa dalam beribadah serta terbentuknya lingkungan madrasah yang lebih religius dan kondusif. Dengan demikian, peran kepala madrasah sebagai pemimpin menjadi faktor penting dalam keberhasilan pembentukan budaya religius di lingkungan pendidikan. Kata Kunci: Peran, Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Budaya Religius.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Ikhsan Ps | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:31 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:31 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8653 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |