Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV Mis Guppi No. 13 Tasik Malaya

Dwiyanti, Febika and Nurmal, Ifnaldi and Hartati, Meri (2025) Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV Mis Guppi No. 13 Tasik Malaya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Febika Fulltext (2).pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Febika Dwiyanti Nim.21591073 “Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karangan Narasi Siswa Kelas IV MIS GUPPI No. 13 Tasik Malaya”. Kemampuan menulis karangan narasi merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat sekolah dasar. Namun, dalam praktiknya masih banyak ditemukan kesalahan penggunaan bahasa dalam tulisan siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi secara tepat sesuai kaidah bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan bahasa yang terdapat dalam karangan narasi siswa kelas IV; dan 2) untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi terjadinya kesalahan bahasa dalam karangan narasi siswa kelas IV, baik yang menjadi penghambat maupun pendukung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru wali kelas dan siswa kelas IV MIS Guppi No. 13 Tasik Malaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data meliputi tiga tahapan, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus utama penelitian ini adalah mengidentifikasi jenis kesalahan berbahasa dalam tulisan siswa serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk-bentuk kesalahan bahasa yang ditemukan meliputi kesalahan penggunaan huruf kapital (45 kesalahan), tanda baca (44 kesalahan), penulisan kata (4 kesalahan), pemborosan kata (30 kesalahan), dan struktur kalimat (13 kesalahan); dan 2) faktor yang memengaruhi kesalahan bahasa mencakup hambatan seperti kurangnya pemahaman terhadap tata bahasa dan ejaan, keterbatasan kosakata, serta pengaruh bahasa daerah, sementara faktor pendukung meliputi peningkatan keterampilan komunikasi siswa, latihan menulis yang konsisten, penggunaan kamus dan pedoman, serta adanya umpan balik dari guru yang membangun. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan Bahasa, Karangan Narasi, Siswa Kelas IV

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Dwiyanti, Febikafebikaa.mhs@iaincurup.ac.id
Nurmal, Ifnaldiifnaldi1965@gmail.com
Hartati, Merimerryhartati8055@gmail.com
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0080 Criticism
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhsan Ps
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:51
Last Modified: 23 Jul 2025 08:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8652

Actions (login required)

View Item View Item