Fadillah, Ratikah and Fathurrohman, Irwan and Misriani, Agita (2025) Pengaruh Strategi Practicing Questioning Reading Summarizing And Test (Pqrst) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Menjadi Warga Dunia Kelas 5 Sd Unggulan Aisyiyah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
FULL TEXT.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK RATIKAH FADILLAH, NIM. 21591168 “Pengaruh Strategi Practicing Questioning Reading Summarizing And Test (PQRST) terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Menjadi Warga Dunia Kelas 5 SD Unggulan Aisyiyah”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 5 SD Unggulan Aisyiyah, yang terlihat dari nilai yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut adalah dengan menerapkan strategi PQRST (Practic, Question, Read, Summarize, Test) yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam memahami bacaan secara terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Sampel penelitian terdiri dari kelas eksperimen sebanyak 22 siswa dan kelas kontrol sebanyak 22 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuanti. Data diperoleh melalui tes sebelum dan sesudah perlakuan (pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, homogenitas, dan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen adalah 89,64, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 71,77. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi PQRST terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa. Selain itu terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan kelas kontrol yang hanya diberikan perlakuan berupa pembelajaran konvensional. Perbedaan ini mengindikasikan bahwa strategi PQRST mampu membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mereka secara lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Kata kunci: Strategi PQRST, Membaca Pemahaman
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Muhammad Ikhsan Ps | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jul 2025 02:15 | ||||||||
Last Modified: | 28 Jul 2025 02:15 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8646 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |