Pengaruh Strategi Pembelajaraan Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Gqga) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 88 Rejang Lebong

Yuliska, Pertiwi and Arbani Wahyuningsih, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Strategi Pembelajaraan Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (Gqga) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 88 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Pertiwi Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ix ABSTRAK Pertiwi Yuliska (21591156), judul skripsi “Pengaruh Strategi Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SDN 88 Rejang Lebong”. Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Angkatan 2021 IAIN Curup. Pembelajaran Matematika di sekolah dasar sering kali menghadapi tantangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, salah satunya karena minimnya strategi pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa. Strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) hadir sebagai alternatif dimana siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang hal yeang belum dipahami dan juga diminta untuk menjelaskan materi yang mereka kuasai kepada siswa lainnya, guna meningkatkan pemahaman dan keterlibatan peserta didik dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hasil belajar sebelum dan sesudah serta 2) pengaruh penerapan strategi GQGA terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 88 Rejang Lebong, khususnya pada materi bangun ruang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental desain One Group Pretest-Posttest Design. Desain ini melibatkan satu kelompok tanpa kelompok kontrol, dengan pengambilan data melalui tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah perlakuan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 88 Rejang Lebong yang berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji paired simple t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata nilai pretest siswa sebesar 65,8 meningkat menjadi 83,6 pada posttest setelah diterapkannya strategi GQGA, menandakan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan. 2) Uji statistik menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan Thitung sebesar 10,954, yang lebih besar dari Ttabel 1,721. Hasil ini menunjukkan bahwa strategi GQGA berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 88 Rejang Lebong. Kata Kunci: Strategi GQGA, Hasil Belajar Matematika, Pembelajaran Aktif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yuliska, Pertiwipertiwi@iaincurup.ac.id
Arbani Wahyuningsih, Wiwinwiwinarbaniw@iaincurup.ac.id
Rahmadeni, Fevifevirahmadeni@iain.ac.id
Subjects: L Education
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Ikhsan Ps
Date Deposited: 23 Jul 2025 08:37
Last Modified: 23 Jul 2025 08:37
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8645

Actions (login required)

View Item View Item