Lorenza, Citra and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2025) Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group terhadap Disposisi Matematis Kelas V di SDN 105 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.
![]() |
Text
CETAK.SKRIPSI.CITRA. (1).pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK Citra Lorenza, NIM. 21591038 “Pengaruh Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Disposisi Matematis Siswa Kelas V di SDN 105 Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui disposisi matematis siswa setelah blajar menggunakan metode diskusi Buzz Group kelas V di SDN 105 Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disposisi matematis siswa setelah menggunakan metode diskusi Buzz Group kelas V di SDN 105 Rejang Lebong. Pengambilan sampel menggunakan instrumen angket dan observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (Quasi exsperimental) jenis One group pretest-posttest design. Desain ini melibatkan satu kelompok tanpa kelompok kontrol, dengan pengambilan data melalui tes awal (pretest) sebelum perlakuan dan tes akhir (posttest) setelah perlakuan. Metode diskusi Buzz Group diterapkan dalam proses pembelajaran, kemudian dilakukan pengukuran terhadap disposisi matematis siswa untuk melihat perbedaan sebelum dan sesudah penerapan metode diskusi Buzz Group. Hasil penelitian dengan menggunakan instrumen angket menunjukan bahwa rata-rata nilai pretest siswa sebesar 61,86, dan pada posttest meningkat menjadi 77,45, setelah diterapkan metode diskusi Buzz Group yang menandakan adanya peningkatan terhadap disposisi matematis siswa. Selain itu, observasi dari wali kelas terhadap pelaksanaan pembelajaran menunjukan skor sebesar 96% dan 97% yang termasuk dalam kategori “Sangat Baik”, menandakan bahwa pembelajaran berlangsung secara efektif dan interaktif. Uji statistik menggunakan paired sample t-tes menunjukan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, hipotesis alternatif (H₁) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak. Hasil ini membuktikan bahwa metode Diskusi Buzz Group berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan disposisi matematis siswa kelas V di SDN 105 Rejang Lebong. Kata kunci : Metode Diskusi Buzz Group, Disposisi Matematis, Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi Buzz Group, Disposisi Matematis, Pembelajaran Matematika. | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | weka weka warasta28 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 08:27 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 08:27 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8644 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |