Irama, Wengki and Zulaiha, Siti and Amanah Rahma Ningtyas, Amanah Rahma Ningtyas (2025) Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Diwo Kepahiang dan Relevansinya terhadap Materi Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI WENGKI IRAMA.pdf - Accepted Version Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Wengki Irama NIM.21591230 “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Diwo Kepahiang dan Relevansinya terhadap Materi Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Latar belakang penelitian ini dilakukan karena banyak siswa di Indonesia kesulitan belajar Matematika, terbukti dari nilai PISA ( Programme for International Student Assessment) yang rendah. Penyebabnya antara lain cara mengajar yang kurang menarik dan anggapan bahwa Matematika itu sulit. Pendidikan dan Kebudayaan saling terkait, di mana Matematika sebagai ilmu abstrak dapat dipelajari secara kontekstual melalui pendekatan Etnomatematika berbasis budaya, seperti motif Batik. Dengan memanfaatkan kekayaan budaya lokal ini, Pembelajaran Matematika menjadi lebih kontekstual dan menarik, sekaligus melestarikan warisan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk 1).Mengetahui konsep etnomatematika pada Batik Diwo.2).Relevansi Etnomatematika pada Batik Diwo Terhadap Materi Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan Etnografi. Penelitian di di lakukan di PKBM Az-Zahra dan IKM Sumber Hayati. Subjek Penelitian ini adalah ketua PKBM Az-zahra dan Ketua IKM Sumber Hayati. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalis menggunakan teknik analisis data Spradley yaitu analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema budaya. Penelitian ini juga menggunakan Trianggulasi Teknik untuk menguji keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Etnomatematika pada Batik Diwo Seperti Konsep Belah ketupat, Konsep Segi Tiga Sama Kaki, Konsep Lingkaran,konsep sudut lancip dan Konsep Persegi Panjang. 2).Konsep ini relevan dengan Materi pelajaran geometri Bangun Datar Sekolah Dasar yaitu Motif Selempang emas yang relevan dengan bentuk konsep belah ketupat, Motif stabik relevan dengan bentuk konsep lingkaran, Motif Pucuk Rebung relevan dengan bentuk Konsep segitiga, Motif Huruf Kaganga relevan dengan bentuk Sudut Lancip, motif Setawar Sedingin relevan dengan bentuk konsep Lingkaran,Motif Sehasen relevan dengan bentuk konsep Lingkaran, Motif Kawo Lem Teleng relevan dengan bentuk konsep Lingkaran dan Konsep persegi Panjang. Dengan menghubungkan budaya motif Batik Diwo dalam Materi Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar agar Etnomatematika pada Batik Diwo ini dapat digunakan sebagai contoh nyata dalam Materi Pelajaran Matematika sehingga membuat Pelajaran lebih bermakna dan kontekstual bagi siswa. Kata Kunci : Etnomatematika ,Batik Diwo
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 03:57 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 03:57 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8642 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |