Wulandari, Neki and Fakhruddin, Fakhruddin and Siswanto, Siswanto (2025) upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7 pada pelajaran akidah Akhlak. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Nekiwulandari DVD pdf 1.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji upaya guru dalam memberikan penguatan (reinforcement) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 7 pada pelajaran akidah akhlak di MTs Nurul Kamal Sambirejo. Latar belakang penelitian ini fenomena rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran menjadi permasalahan utama yang memengaruhi efektivitas kegiatan belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Berdasarkan observasi awal di MTs Nurul Kamal Sambirejo, siswa kelas 7 menunjukkan gejala rendahnya minat belajar seperti kurang merespons guru, mengantuk saat pelajaran, serta melakukan aktivitas di luar pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Akidah Akhlak, kepala madrasah, serta 6 siswa-siswi kelas 7. Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian lapangan yang peneliti temukan ialah menunjukkan bahwa pemberian penguatan yang dilakukan secara tepat dan konsisten mampu meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih aktif, percaya diri, dan menunjukkan sikap yang lebih positif terhadap pelajaran. Bentuk penguatan verbal seperti kata-kata apresiasi dan dorongan emosional memberikan pengaruh langsung terhadap semangat siswa, sedangkan penguatan nonverbal memperkuat hubungan emosional antara guru dan siswa. Sehingga dapat disimpulkan, pemberian penguatan reinforcement oleh guru terbukti efektif sebagai strategi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dengan memadukan penguatan verbal dan nonverbal secara tepat, guru dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih positif, interaktif, dan mendukung perkembangan sikap serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa motivasi belajar dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui pendekatan pedagogis yang menghargai setiap usaha siswa dalam proses belajar. Kata Kunci : Penguatan (reinforcement), Motivasi Belajar Siswa, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 03:49 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 03:49 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8632 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |