Pengaruh Metode Billboard Rangking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv di Sdn 02 Kepahiang

Novia Sellina, Billa and Apriani, Eka and Kumara Dewi, Jauhari (2025) Pengaruh Metode Billboard Rangking terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv di Sdn 02 Kepahiang. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI BILLA NOVIA SELLINA .pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK BILLA NOVIA SELLINA, NIM. 21591029 “Pengaruh Metode Billboard Rangking Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran PKN siswa kelas IV SDN 02 Kepahiang” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar menjadi penghambat proses pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan daya nalar. Hasil observasi awal di SDN 02 Kepahiang menunjukkan bahwa siswa kelas IV belum mampu menegmukakkan pendapat secara mandiri dan cenderung pasif dalam proses pembelajaran, pada pembelajaran sebelumnya metode yang digunakan masih monoton dan hanya berpusat pada guru sehingga belum mampu mendorong siswa untuk berpikir kritis. Metode Billboard Rangking sebagai strategi diharapkan mampu merangsang diskusi dan refleksi terhadap nilai-nilai melalui pengurutan pendapat berdasarkan prioritas. Tujuam dari penelitian ini yaitu (1) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum menggunakan metode Billboard Rangking pada materi sila pancasila kelas IV SDN 02 Kepahiang. (2) Mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah menggunakan metode Billboard Rangking pada materi sila pancasila kelas IV SDN 02 Kepahiang. (3) Untuk mengetahui terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan metode Billboar Rangking terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sila pancasila kelas IV SDN 02 Kepahiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-experimental jenis one group pretest-posttest, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 02 Kepahiang yang berjumlah 25 orang. Instrument pengumpulan data menggunakan tes uraian dan angket dengan skala likert untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan enam indicator Facione ( interpretation, analysis, evaluation, inference, explanation, dan self regulation ). Data dianalisis menggunakan uji t dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa sebelum digunakan metode Billboard Rangking masih di belum memenuhi KKTP dengan rata-rata Pretest 65.72. (2) Kemampuan berpikir kritis siswa setelah penggunaan metode Billboard Rangking berubah dengan rata-rata nilai pretest sebesar 75.60. (3) Setelah dilakukan Uji t didapatkan hasil peningkatan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis menghasilkan nilai signifikansi 0.000 > 0.05 yang berarti hipotesis alternative ( H1) diterima. Dengan demikian, penerapan metode Billboard Rangking berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV B SDN 02 Kepahiang. Kata kunci : Billboard Rangking, Berpikir kritis, Pembelajaran aktif, PKN

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Novia Sellina, Billabillansellina@iaincurup.ac.id
Apriani, Ekaeka.apriani@iaincurup.ac.id
Kumara Dewi, Jauharijauharikumaradewi@gmail.com
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 22 Jul 2025 07:28
Last Modified: 22 Jul 2025 07:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8621

Actions (login required)

View Item View Item