Indah Salvia, Delvi and Ifnaldi, Ifnaldi and Hartati, Meri (2025) Pengaruh Metode Priview Question Read Reflect Recite Review (Pq4r) terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD 61 Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI DELVI INDAH SELVIA.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Delvi Indah Salvia, NIM. 21591045 “Pengaruh Metode Priview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R) Terhadap keterampilan membaca siswa kelas IV SD 61 rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Latar belakang penelitian ini adalah penghambat dari rendahnya keterampilan membaca. Kurangnya keterampilan membaca pada siswa kelas IV, dan kurang nya minat membaca dari diri siswa sendiri sehingga keterampilan membaca siswa kelas IV masih sangat rendah, dapat dilihat dari nilai KKM dari pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu dengan nilai KKM 70, 52% siswa nilainya masih di bawah KKM dan 42% siswa di atas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca sesudah pengunaan Metode PQ4R dan mengetahui keterampilan membaca sesudah pengunaan metode PQ4R, serta mengetahui adanya pengaruh metode PQ4R terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD 61 Rejang Lebong. Keterampilan membaca merupakan keterampilan dasar yang penting dalam kehidupan, tidak hanya dalam dunia pendidikan, tetapi juga dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan membaca, siswa dapat memperluas wawasan dan pengetahuan mereka. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD 61 Rejang Lebong, dengan sampel sebanyak 23 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes keterampilan membaca, kuesioner/angket dan dokumentasi. Data dianalisis mengunakan statistic IBM 25 yaitu uji validitas, reabilitas, normalitas, homogenitas dan hipotesis/uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil metode PQ4R pada pembelajaran Bahasa Indonesia meningkatkan nilai posttest siswa menjadi 82,39. Pada keterampilan membaca siswa kelas IV SD 61 Rejang Lebong meningkat secara signifikan setelah penerapan metode PQ4R dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dapat dilihat dari uji hipotesis metode PQ4R meningkatkan nilai posttest siswa kelas IV SD 61 Rejang Lebong dan berpengaruh positif terhadap keterampilan membaca siswa. Kata Kunci: Metode Priview Question Read Reflect Recite Review (PQ4R), keterampilan membaca, Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2025 01:56 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2025 01:56 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |