Maharani, Tarisa and Rahman, Abdul and Siswanto, Siswanto (2025) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Keragaman Budaya (Monoraga) terhadap Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di SDN 04 Ujan Mas. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
SKRIPSI TARISA MAHARANI.pdf - Accepted Version Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK TARISA MAHARANI, NIM. 21591208, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Keragaman Budaya (MONORAGA) Terhadap Pengetahuan Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN 04 Ujan Mas”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengetahuan siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila terkhusus materi Pakaian Adat di Indonesia kelas IV di SDN 04 Ujan Mas, Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengetahuan siswa sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran Monopoli Keragaman Budaya (MONORAGA) pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV di SDN 04 Ujan Mas. 2) Untuk mengetahui pengaruh terhadap pengetahuan siswa setelah penggunaan Media Pembelajaran Monopoli Keragaman Budaya (MONORAGA) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SDN 04 Ujan Mas. Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan desain Pre-eksperimental One Group Pretest Posttest. Penelitian dilakukan kepada kelas 4 yang berjumlah 24 siswa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Penelitian ini menunjukkan dua temuan utama. Pertama, terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya media monopoli. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata pretest sebesar 67,50 dan posttest sebesar 83,60. Kedua, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media monopoli terhadap pengetahuan siswa. Hasil hipotesis data pretest dan posttest dengan uji-t meunjukkan nilai Sig.(2-tailed) 0,000. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05), nilai t_hitung yakni 9,797 dengan N=24. Sedangkan t_tabel untuk N=24 dengan taraf signifikan α = 0,05 yakni 1,710 dengan demikian nilai t_hitung 9,797 ≥ t_tabel 1,710 maka Hal ini menunjukkan bahwa h_0 ditolak dan h_a diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengetahuan pretest dan posttest, yang artinya ada pengaruh media monopoli keragaman budaya (MONORAGA) terhadap pengetahuan pada siswa kelas IV di SDN 04 Ujan Mas. Kata Kunci : Media Monopoli, Pengetahuan Siswa, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 22 Jul 2025 08:12 | ||||||||
Last Modified: | 22 Jul 2025 08:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8594 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |