Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sdm untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMPN 42 Rejang Lebong

Masruri, M. Subhan and Fathurrohman, Irwan and Komalasari, Bakti (2025) Strategi Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sdm untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMPN 42 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Subhan Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

VIII ABSTRAK M. Subhan Masruri NIM. 21561031 ”Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan SDM Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di SMPN 42 Rejang Lebong.” Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Kompetensi profesional guru yang ada di SMPN 42 Rejang Lebong ini memiliki kelemahan, beberapa pendidik memiliki kelemahan dalam kompetensi profesional yaitu kurangnya keterampilan mengelola kelas, penguasaan materi dan penggunaan media pembelajaran yang tidak bervariasi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang digunakan kepala sekolah dalam mengatasi masalah kompetensi profesional pada guru. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu metode studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Bidang Kurikulum, dan Guru. Teknik pengumpulan data yang diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan melalui beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kepala sekolah dalam pengembangan SDM untuk meningkatkan kompetensi profesional guru diterapkan melalui program pelatihan In House Training (IHT). Dalam penerapan IHT terdapat langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah, yaitu: perencanaan program pelatihan IHT, pengorganisasian program pelatihan IHT, pelaksanaan program pelatihan IHT, dan pengawasan serta evaluasi program pelatihan IHT. Dengan langkah-langkah yang sistematis ini dapat menjadikan pelatihan IHT ini menjadi lebih efektif, sehingga ada peningkatan kompetensi professional pada guru. Faktor pendukung dan penghambat pada strategi kepala sekolah dalam pengembangan SDM untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu: Faktor pendukung seperti partisipasi aktif, jadwal yang tepat, dukungan dari kepala sekolah, serta kesadaran guru itu sendiri. Faktor penghambat seperti kendala teknis dan keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru. Kata kunci: Strategi kepala sekolah, pengembangan SDM, kompetensi profesional guru

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Masruri, M. Subhanm.subhan@iaincurup.ac.id
Fathurrohman, Irwanirwan@iaincurup.ac.id
Komalasari, Baktibaktikomalasari@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Ikhsan Ps
Date Deposited: 31 Jul 2025 08:52
Last Modified: 31 Jul 2025 08:52
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item View Item