Ningsih, Rohani and Susilawati, Susilawati and Purna Putra, Hastha (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kearifan Lokal Rumah Adat Kepahiang Pada siswa Kelas V SDN 02 Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
ABSTRAK ROHANI NINGSIH, NIM. 21591184 “IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA KEARIFAN LOKAL RUMAH ADAT KEPAHIANG PADA SISWA KELAS V SDN 02 KEPAHIANG.” Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup Latar belakang penelitian dimana SDN 02 Kepahiang sudah menjadi sekolah yang menggunakan Kurikulum Merdeka, ditemukan fenomena terkait pelaksanaan P5 yang dilakukan setiap hari sabtu. Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan (1) pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berpusat pada kearifan lokal rumah adat Kepahiang, dan (2) faktor-faktor yang memfasilitasi dan menghambat pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang berfokus pada kearifan lokal rumah adat Kepahiang untuk siswa kelas lima SDN 02 Kepahiang. Jenis penelitian kualitatif deskriptif, Subjek penelitian ini adalah guru kelas V, kepala sekolah, dan siswa kelas V. Sumber data yang dipakai yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Kemudian penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa : 1) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal rumah adat Kepahiang sudah diterapkan. Cara pengimplementasian projek penguatan profil pelajar Pancasila dengan mengatur dimensi dan alokasi waktu dimana dilaksanakan setiap hari Sabtu dengan modul ajar sebagai acuan dalam kegiatan projek. yang di implementasikan dengan 6 dimensi dan memiliki tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung yang terlibat yaitu sarana dan prasarana yang baik, antusias guru dan warga sekolah serta dukungan dari lingkungan sekitar dan kerjasama antar guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu , keterbatasan waktu dan perbedaan karakteristik siswa. Kata Kunci : Implementasi, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), tema kearifan lokal rumah adat Kepahiang
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2025 01:41 | ||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2025 01:41 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |