Devira, Fhina and Zulaiha, Siti and Meldina, Tika (2025) Pelaksanaan Asesmen Formatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Se Kabupaten Rejang Lebong. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
PELAKSANAAN ASESMEN FORMATIF PADA KURIKULUM DIMADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) SE KABUPATEN REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Fhina Devira, NIM. 21591075 “Pelaksanaan Asesmen Formatif Pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Pelaksanaan asesmen formatif pada Kurikulum Merdeka sudah dilaksanakan mulai dari kelas I-VI di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong. Pelaksanaan asesmen formatif ini tidak terlepas dari permasalahan yang ada, seperti kendala yang dihadapi guru. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan asesmen formatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong. 2) Untuk mengetahui kendala guru dalam melaksanakan asesmen formatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dan observasi serta didukung dengan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakam reduksi data, display data dan juga penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Pelaksanaan asesmen formatif pada Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Se Kabupaten Rejang Lebong sudah dilaksanakan di dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan metode seperti tes tertulis, pilihan ganda dan essay. Namun, pelaksanaan tersebut belum sesuai denga isi dari asesmen formatif yang ada, karena guru belum melaksanakan asesmen formatif dengan semestinya 2) Masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaan asesmen formatif yang dilakukan oleh guru, seperti keterbatasan waktu, perbedaan kemampuan siswa serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kata kunci: Asesmen Formatif, Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun10 akun10 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 07:13 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 07:13 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |