Lestari, Rini and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2025) Dampak Praktek Pengasuhan Tradisional Suku Anak dalam (Sad) dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak di Sungai Jernih Kecamatan Rupit. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.
![]() |
Text
DAMPAK PRAKTEK PENGASUHAN TRADISIONAL SUKU ANAK DALAM (SAD) DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU SOSIAL ANAK DI SUNGAI JERNIH KECAMATAN RUPIT.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Rini Lestari, NIM: 21591177―Dampak Praktek Pengasuhan Tradisional Suku Anak Dalam (SAD) dalam Mengembangkan Perilaku Sosial Anak di Sungai Jernih Kecamatan Rupit.‖ Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Curup, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan praktik pengasuhan tradisional Suku Anak Dalam (SAD) yang masih mempertahankan nilai-nilai budaya lokal dan kedekatan dengan alam. Meskipun berada di tengah arus modernisasi dan perubahan sosial, praktik pengasuhan ini tetap bertahan dan memainkan peran penting dalam pembentukan perilaku sosial anak-anak SAD, khususnya pada usia 6–12 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan praktik pengasuhan tradisional yang dilakukan oleh keluarga SAD serta menganalisis dampaknya terhadap perkembangan perilaku sosial anak, seperti sifat pemberani, mandiri, ramah, suka bergaul, dan bertanggung jawab. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pengasuhan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi non-partisipan, wawancara semi struktur dengan orang tua dan tokoh adat, serta dokumentasi. Data dianalisis secara tematik etnografis untuk mengidentifikasi pola dan karakteristik budaya yang memengaruhi perilaku sosial anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh SAD bersifat permisif dalam konteks budaya mereka dan sangat bergantung pada kehidupan komunal. Anak-anak belajar nilai sosial melalui keterlibatan langsung dalam aktivitas seperti berburu, meramu, dan interaksi sosial dalam kelompok. Faktor pendukung pengasuhan antara lain adalah pengalaman orang tua, nilai budaya lokal, serta keterbukaan terhadap pendidikan dan ajaran Islam. Adapun faktor penghambatnya adalah keterbatasan ekonomi dan rendahnya akses terhadap pendidikan formal dan agama. Kata Kunci: Pengasuhan Tradisional, Suku Anak Dalam, Perilaku Sosial Anak, Etnografi, Budaya Lokal
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | akun8 akun8 | ||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2025 04:22 | ||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2025 04:22 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |