Analisis Pemahaman dan Penerapan Moderasi Beragama pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Iain Curup

Deatri, Deatri and Susilawati, Susilawati and purna putra, hastha (2025) Analisis Pemahaman dan Penerapan Moderasi Beragama pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah di Iain Curup. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
Deatri Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK DEATRI (21591042) “ANALISIS PEMAHAMAN DAN PENERAPAN MODERASI BERAGAMA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PEENDIDIKA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH IAIN CURUP”. Skripsi Pada Program Sudi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa memegang peranan penting dalam menjaga keberagaman dan kerukunan umat beragama di Indonesia. Moderasi beragama menjadi salah satu nilai yang harus dipahami dan diterapkan dalam kehidupan kampus, terutama bagi mahasiswa program studi keagamaan seperti PGMI. Namun dalam praktiknya, masih ditemukan perilaku intoleransi antar mahasiswa, seperti perdebatan berlebihan, ejekan terhadap logat daerah, dan pengelompokan berdasarkan asal-usul. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman dan penerapan moderasi beragama di kalangan mahasiswa Prodi PGMI IAIN Curup serta mengkaji peran nilai-nilai moderasi dalam membentuk sikap dan perilaku mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap mahasiswa dan dosen Prodi PGMI IAIN Curup. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap moderasi beragama sudah cukup baik secara teoritis, mencakup aspek toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan penerimaan terhadap budaya lokal. Namun, pada tingkat penerapan dalam kehidupan akademik dan sosial, masih ditemukan ketidakkonsistenan, seperti tindakan diskriminatif dan sikap eksklusif dalam pergaulan. Moderasi beragama terbukti berperan penting dalam membentuk mahasiswa PGMI menjadi pribadi yang inklusif, toleran, dan menghargai keberagaman. Dengan demikian, perlunya penguatan pendidikan moderasi beragama secara holistik melalui kurikulum, pembelajaran, dan budaya kampus. Kata kunci: Pemahaman, penerapan moderasi beragama, pada mahasiswa PGMI

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Deatri, Deatrideatri.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
purna putra, hasthahasthapurna@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:28
Last Modified: 17 Jul 2025 04:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item