Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas 5 SD Negeri 7 Rejang Lebong

Khairunnisa, Kuntum and Susilawati, Susilawati and Purna Putra, Hastha (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di Kelas 5 SD Negeri 7 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Kuntum Fulltext.pdf - Accepted Version

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kuntum Khairunissa, NIM. 21591112 “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas 5 Sd Negeri 7 Rejang Lebong”. Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini berfokus pada efektivitas model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas V SD Negeri 7 Rejang Lebong. Permasalahan yang diidentifikasi adalah kurangnya minat dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran yang cenderung konvensional, yang mengakibatkan hasil belajar yang tidak optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana penerapan model PjBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dan bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menerapkan model PjBL dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan aplikasi Statistical Package for Social Sciences (SPSS) versi 25, yang mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t untuk membandingkan hasil belajar kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai N-Gain untuk kelas eksperimen mencapai 70.8254, yang termasuk dalam kategori cukup efektif, sementara kelas kontrol hanya mencapai 46.6617, yang dinyatakan tidak efektif. Temuan ini menegaskan bahwa PjBL tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran, sehingga membantu mereka memahami konsep ekosistem dengan lebih baik. Dengan demikian, penelitian ini merekomendasikan penerapan PjBL sebagai model pembelajaran yang efektif di sekolah dasar. Kata kunci : efektivitas, PjBL, hasil belaja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khairunnisa, Kuntumkuntum.mhs@iaincurup.ac.id
Susilawati, Susilawatisusilawati@iaincurup.ac.id
Purna Putra, Hasthahasthapurnaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: L Education
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: weka weka warasta28
Date Deposited: 17 Jul 2025 04:10
Last Modified: 17 Jul 2025 04:16
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8564

Actions (login required)

View Item View Item