Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Mim 10 Karang Anyar

R, Arief and Rahmi Nasutiom, Aida and Amrillah, H.M Taufik (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V Mim 10 Karang Anyar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
SKRIPSI FULL INSHA ALLAH BENER.pdf - Accepted Version

Download (13MB)

Abstract

x ABSTRAK ARIEF. R, NIM. 21591021 “Pengaruh Metode Pembelajaran Example Non Example Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V MIM 10 Karang Anyar”, Skripsi Pada Program pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Penelitian ini dilakukan di MIM 10 Karang Anyar pada siswa kelas V dengan tujuan untuk; 1) Mengetahui kemampuan berpikir logis siswa sebelum diterapkan metode pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran IPAS kelas V MIM 10 Karang Anyar; 2) Mengetahui kemampuan berpikir logis siswa setelah diterapkan metode pembelajaran Example Non Example pada mata pelajaran IPAS kelas V MIM 10 Karang Anyar; 3) Mengetahui pengaruh metode pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan berpikir logis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIM 10 Karang Anyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan desain penelitian Non equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas V dengan populasi 40 siswa. Sampel terdiri dari 2 kelas masing-masing 20 siswa, dimana kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi, serta teknik analisis data berupa uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis Independent Sample T-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Sebelum penerapan metode pembelajaran Example Non Example dilihat dari hasil pretest dan posttest, dimana nilai pretest kelas kontrol dengan nilai rata-rata sebesar 43,75. Sedangkan pada nilai rata-rata posttest sebesar 55,75. 2) Setelah penerapan metode pembelajaran Example Non Example dilihat dari hasil pretest dan posttest, dimana nilai pretest kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 43,50. Sedangkan pada nilai rata-rata posttest sebesar 77,00. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Example Non Example memiliki hasil yang lebih baik. 3) Hasil uji hipotesis Independent Sample T-test menunjukkan nilai Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, sesuai dengan kriteria uji t-test jika nilai Sig. (2 tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengaruh metode pembelajaran Example Non Example dikatakan dapat memberi pengaruh terhadap kemampuan berpikir logis siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V MIM 10 Karang Anyar. Kata Kunci: Metode Example Non Example, Kemampuan berpikir logis, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
R, Ariefarier@iaincurup.ac.id
Rahmi Nasutiom, Aidaaidarahminasution@iaincurup.ac.id
Amrillah, H.M Taufiktaufikamrillah@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun8 akun8
Date Deposited: 17 Jul 2025 03:59
Last Modified: 17 Jul 2025 03:59
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8557

Actions (login required)

View Item View Item