Strategi Dakwah Podok Pesantren As-Syafi'i dalam Meningkatkan Keagamaan (Studi pada Masyarakat Desa Jambu Keling Rejang Lebong)

Barri, Fadkhul and Yumiarti, Yuyun and Kamil, Pajrun (2020) Strategi Dakwah Podok Pesantren As-Syafi'i dalam Meningkatkan Keagamaan (Studi pada Masyarakat Desa Jambu Keling Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
STRATEGI DAKWAH PONDOK PESANTREN AS-SYAFI’I.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Strategi dakwah adalah perencanaan yang berisi rangkaian kegiatan yang di desain untuk mencapai tujuan dakwah tertentu, dalam penerapan Strategi dakwah bil hal yang sesuai dengan kondisi mad’u sebagai objek dakwah, akan menghasilkan dakwah yang tepat. Penelitian ini dilatar belakangi beberapa macam strategi dakwah bil hal yang digunakan dalam pelaksanaan Majelis Taklim Khairunnisa Kecamatan Curup Kota Kabupaten Rejang Lebong terlihat berbeda dengan majelis pada umumnya diantaranya adalah strategi dalam meningkatkan minat masyarakat untuk mengikuti kegiatan dakwah dan mad’u dengan antusiasnya menerima pesan-pesan dakwah yang disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam hal ini subjek penelitian adalah da’i, pengurus, anggota Majelis Taklim Khairunnisa, setelah data terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data yang meliputi pengumpulan data, proses pada perubahan data atau masalah yang muncul dari catatan lapangan, dan membuat pembahasan. Pembahasan dari penelitian ini adalah cara Majelis Taklim Khairunnisa dalam menyeru memanggil, mengajak masyarakat dalam hal pembinaan umat agar mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Strategi dakwah bil hal yang dilakukan Majelis Taklim Khairunnisa Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Untuk Mengikuti Kegiatan Dakwah. adalah merancang, membuat ide atau gagasan yang pantas untuk di terapkan dalam melaksanakan kegiatan dakwah. Dalam tahap perumusan strategi yang dilakukan adalah para pengenalan sasaran dakwah, pengkajian tujuan, efektifitas dan efesiensi dakwah. Dalam penerapan Majelis Taklim Khairunnisa menggunakan strategi dakwah bil hal, sedangkan pendanaan dari dakwah bil hal didapatkan dari donator yang berasal dari masyarakat dan pengelolaan yayasan Masjid Jamik Curup. Menyusun program kegiatan dakwah yaitu memakmurkan masjid, program kelurga sakinah, Program kelompok buai bayi, Menyediakan tempat peristirahatan baik untuk masyarakat atau untuk musafir. Dalam melakukan Strategi dakwah bil hal ada beberapa faktor yang menjadi pendukung di Majelis Taklim Khairunnisa diantaranya sebagai berikut, keinginan yang kuat untuk mempelajari tentang agama serta mempelajari hal-hal yang mereka belum mengetahui, antusias dari mad’u itu sendiri sangat tinggi, seloyalitas ketua, loyalitas pengurus, dukungan dari pemuka agama setempat. Sarana dan prasana terbilang lengkap. Serta adapun yang menjadi penghambat dari kegiatan dakwah di Majelis Taklim Khairunnisa seperti kurangnya mad’u yang hadir di Majelis Taklim Khairunnisa, beberapa mad’u yang memiliki kesibukan masing-masing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Barri, FadkhulUNSPECIFIED
Yumiarti, YuyunUNSPECIFIED
Kamil, PajrunUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Dakwah, Bil Hal, Majelis Taklim Khairunnisa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with username yuni hartini
Date Deposited: 18 Jan 2023 01:55
Last Modified: 18 Jan 2023 01:55
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item