Pebrianti, Eva and dewi, purnama sari and Siswanto, Siswanto (2025) Metode Yanbu'a Dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur'an Santri Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
![]() |
Text
Fulltext.pdf - Accepted Version Download (9MB) |
Abstract
Metode pembelajaran Al-Qur'an tidak terlepas dari pemilihan metode secara tepat. Sukses tidaknya suatu program pengajaran Al-Qur'an dinilai dari segi metode yang digunakan. Alasan penggunaan metode yanbu'a di pondok pesantren sendiri dilatarbelakangi dengan adanya santri yang belum bisa mengaji bahkan terdapat santri yang belum bisa sholat, kemudian santri sudah bisa membaca Al-Qur'an namun belum sesuai dengan makhroj dan hukum tajwid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang penerapan metode yanbu'a dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU Rejang Lebong; 2) Aspek kemampuan membaca Al-Qur‟an yang diperbaiki melalui metode yanbu‟a; 3) Hasil penerapan metode yanbu'a dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an santri Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU Rejang Lebong. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian merupakan ustad dan ustadzah yang mengajar tahsin dengan metode yanbu'a. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di Pondok Pesantren Darul Ma'arif NU Rejang Lebong ditemukan: 1) Diantara faktor yang melatarbelakangi alasan mengapa di pondok pesantren ini menerapkan metode yanbu'a untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur'an santri adalah santri belum bisa mengaji bahkan mereka ada yang belum bisa sholat karena susah untuk melafazkan Arab, selain itu juga masih banyak santri yang sudah bisa membaca Al-Qur'an namun belum sesuai dengan makhroj dan tajwid. 2) Aspek kemampuan membaca Al-Qur'an yang diperbaiki melalui metode yanbu'a yaitu memperbaiki makrojul huruf, kelancaran bacaan, bacaan yang benar, bacaan tartil dan bacaan yang sesuai dengan hukum tajwid. 3) Hasil penerapan setelah menggunakan metode yanbu'a yang berjalan kurang lebih satu tahun yaitu pengucapan makhrojul huruf sudah tepat mengetahui tempat keluarnya masing-masing huruf, kesesuaian tajwid juga sudah sesuai dengan hukum bacaan, kelancaran membaca Al-Qur'an setelah menggunakan metode yanbu'a semakin terlihat, semakin tepat dalam hal ketepatan membaca Al-Qur'an dan bacaan semakin tartil setelah menggunakan metode yanbu'a. Kata Kunci : Metode Yanbu’a, Kualitas Bacaan Al-Qur’an, Santri Pesantren
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor T Technology > T Technology (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | akun2 akun2 | ||||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2025 02:12 | ||||||||
Last Modified: | 16 Jul 2025 02:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8504 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |