Konsep Pola Asuh Islami dalam Buku Modern Islamic Parenting dan Relevansinya terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar

Anjelita, Ria and Ratnawati, Ratnawati and Mina Putra, Muksal (2025) Konsep Pola Asuh Islami dalam Buku Modern Islamic Parenting dan Relevansinya terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Anak Sekolah Dasar. Sarjana thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) CURUP.

[img] Text
skripsi lengkap ria anjelita pgmi.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RIA ANJELITA, NIM. 21591173 “Konsep Parenting Islami Dalam Buku Modern Islamic Parenting Dan Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Memberikan gadget pada anak yang belum cukup umur sehingga berdampak rendahnya nilai-nilai agama. Sehubungan dengan ini cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu orang tua dalam proses pengasuhan harus menanamkan sejak dini nilai-nilai agama dan pendidikan karakter pada anak. Berdasarkan permasalahan terkait pengasuhan hal ini membuat peneliti tertarik untuk menelaah buku yang berjudul “Modern Islamic Parenting” dengan tujuan memberikan pedoman kepada orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pola asuh Islami pada buku Modern Islamic Parenting, nilai-nilai pendidikan karakter religius, tanggung jawab dan mandiri serta relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan karakter pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun buku yang diteliti yaitu buku Modern Islamic Parenting karya Hasan Syamsi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa teknik literatur, sedangkan teknik analisis data berupa analisis teks dan wacana. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, terdapat lima konsep pola asuh Islami dalam buku Modern Islamic Parenting. Kedua, karakter religius pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap bertaqwa kepada Allah SWT; karakter tanggung jawab pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap berani menanggung risiko; karakter mandiri pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap tidak muda tergantung pada orang lain; Karakter toleransi pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap menghargai dan menghormati perbedaan yang ada disekitar; serta karakter jujur pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap tidak mengambil milik orang lain. Ketiga, konsep pola asuh Islami diatas relevan dengan kelima karakter tersebut. Kata Kunci : Pola Asuh Islami, Nilai Pendidikan Karakter, Buku Modern Islamic ParentingABSTRAK RIA ANJELITA, NIM. 21591173 “Konsep Parenting Islami Dalam Buku Modern Islamic Parenting Dan Relevansinya Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar”, Skripsi pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Curup. Memberikan gadget pada anak yang belum cukup umur sehingga berdampak rendahnya nilai-nilai agama. Sehubungan dengan ini cara yang dapat digunakan untuk mengatasi hal tersebut yaitu orang tua dalam proses pengasuhan harus menanamkan sejak dini nilai-nilai agama dan pendidikan karakter pada anak. Berdasarkan permasalahan terkait pengasuhan hal ini membuat peneliti tertarik untuk menelaah buku yang berjudul “Modern Islamic Parenting” dengan tujuan memberikan pedoman kepada orang tua dalam mendidik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pola asuh Islami pada buku Modern Islamic Parenting, nilai-nilai pendidikan karakter religius, tanggung jawab dan mandiri serta relevansinya terhadap nilai-nilai pendidikan karakter pada anak sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan penelitian Library Research atau penelitian kepustakaan, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun buku yang diteliti yaitu buku Modern Islamic Parenting karya Hasan Syamsi. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa teknik literatur, sedangkan teknik analisis data berupa analisis teks dan wacana. Hasil penelitian menunjukan bahwa; pertama, terdapat lima konsep pola asuh Islami dalam buku Modern Islamic Parenting. Kedua, karakter religius pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap bertaqwa kepada Allah SWT; karakter tanggung jawab pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap berani menanggung risiko; karakter mandiri pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap tidak muda tergantung pada orang lain; Karakter toleransi pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap menghargai dan menghormati perbedaan yang ada disekitar; serta karakter jujur pada siswa dapat dicerminkan melalui sikap tidak mengambil milik orang lain. Ketiga, konsep pola asuh Islami diatas relevan dengan kelima karakter tersebut. Kata Kunci : Pola Asuh Islami, Nilai Pendidikan Karakter, Buku Modern Islamic Parenting

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Anjelita, Riariaanjelita@iaincurup.ac.id
Ratnawati, Ratnawatiratnawati@iaincurup.ac.id
Mina Putra, Muksalmuksalminaputra@iaincurup.ac.id
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: akun9 akun 9 akun9
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:09
Last Modified: 17 Jul 2025 02:11
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8503

Actions (login required)

View Item View Item