Implementasi Media Pembelajaran Roda Jelajah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 13 Rejang Lebong)

Silvyna, Anendhea and Gunawan, Guntur and Meldina, Tika (2025) Implementasi Media Pembelajaran Roda Jelajah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 13 Rejang Lebong). Sarjana thesis, INTITUT AGAMA ISLAM NEGERI CURUP.

[img] Text
skripsi revisi sidang.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ANENDHEA SILVYNA, NIM 21591014 “Implementasi Media Pembelajaran Roda Jelajah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 13 Rejang Lebong)”, Skripsi Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAN Curup. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih banyak siswa yang merasa bosan dan kurang berminat dalam memahami materi. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa yang masih berada di bawah nilai standar KKTP. Salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang monoton dan hanya mengandalkan media konvensional tanpa adanya media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengimplementasikan media pembelajaran Roda Jelajah. 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan media Roda Jelajah dengan kelas yang menggunakan media konvensional. 3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran Roda Jelajah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 13 Rejang Lebong yang berjumlah 44 siswa. Dengan teknik purposive sampling. Kelas IVA (22 siswa) sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran Roda Jelajah, sedangkan kelas IVB (22 siswa) sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media konvensional. Pada kedua kelas dilakukan pretest dan posttest. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, Independent Sample T-Test dan N-Gain Score. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) implementasi media pembelajaran Roda Jelajah pada kelas eksperimen (IVA) menunjukkan aktivitas guru dan siswa sangat baik. 2) Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran Roda Jelajah dengan kelas kontrol yang menggunakan media konvensional. 3) Berdasarkan hasil uji N-Gain, penggunaan media pembelajaran Roda Jelajah dinilai cukup efektif dalam pembelajaran mata pelajaran IPAS. Kata Kunci: Media Pembelajaran Roda Jelajah, IPAS

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Silvyna, Anendheaanendheasilvyna@iaincurup.ac.id
Gunawan, Gunturgunturgunawan@iaincurup.ac.id
Meldina, Tikatikameldina@iaincurup.ac.id
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Roda Jelajah, IPAS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: weka weka warasta28
Date Deposited: 17 Jul 2025 02:34
Last Modified: 17 Jul 2025 02:34
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item